Yuliani, Nunng (2025) Analisis Strategi Digital Marketing Produk Samudera (Simpanan Mudharabah Bahtera) Di KSPPS BMT Bahtera Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4221037_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4221037_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
4221037_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini bahwa adanya sistem ekonomi global masih banyak menggunakan bunga (riba), yang menyebabkan kesenjangan ekonomi semakin lebar. Di Indonesia, sistem ini membuat orang kaya makin kaya, sementara masyarakat kecil makin miskin. Sebagai solusinya, ekonomi Islam menawarkan sistem bagi hasil tanpa riba, seperti simpanan mudharabah bahtera. KSPPS BMT Bahtera Pekalongan menghadirkan produk simpanan samudara sebagai bentuk penerapan akad mudharabah. Namun, agar produk ini dikenal luas, perlu strategi digital marketing yang tepat. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi digital marketing yang diterapkan oleh KSPPS BMT Bahtera Pekalongan dalam mempromosikan produk simpanan samudera serta tantangan yang mungkin muncul dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mengetahui strategi digital marketing produk simpanan samudera di KSPPS BMT Bahtera Pekalongan. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan karyawan pengelola sosial media, karyawan simpanan atau staf funding dan dua puluh anggota yang menggunakan produk simpanan samudera, serta observasi dan dokumentasi. Pendekatan ini dipilih untuk menggali strategi, efektivitas, dan respon anggota secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BMT Bahtera telah memanfaatkan media digital seperti Instagram, Facebook, Website, dan WhatsApp dalam menyampaikan informasi produk. WhatsApp menjadi media paling efektif karena memungkinkan komunikasi langsung dengan anggota. Namun, strategi yang dijalankan belum secara khusus difokuskan pada produk Simpanan Samudera, dan konten promosi masih bersifat umum serta belum optimal dari segi frekuensi dan fitur digital seperti iklan berbayar dan SEO. Tantangan yang dihadapi dihadapi antara lain keterbatasan SDM, kurangnya variasi konten, dan keterbatasan akses digital sebagian anggota. BMT Bahtera telah melakukan beberapa Upaya seperti konten edukatif, penggunaan whatsapp, dan rencana kolaborasi dengan influencer menjadi langkah untuk mengatasi tantangan tersebut. Walaupun masih ada beberapa anggota yang belum mengetahui akun media sosial BMT Bahtera serta keterbatasan smartphone maka BMT perlu meningkatkan strategi digital untuk menjangkau lebih banyak kalangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Digital Marketing, Simpanan Samudera, Media Sosial, KSPPS BMT Bahtera, Pemasaran Syariah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2025 04:20 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jul 2025 04:20 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14154 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |