Fadilah, Nurul (2025) Strategi komunikasi akun instagram @lovlavinaa dalam membentuk citra muslimah yang mandiri dan positif. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3421010_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
3421010_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
3421010_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Fadilah, Nurul. 2025. Strategi Komunikasi Akun Instagram @lovlavinaa dalam Membentuk Citra Muslimah yang Mandiri dan Positif. Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing, Vyki Mazaya, M.S.I. Generasi Z tumbuh di era digital, menjadikan media sosial bagian penting dalam membentuk identitas diri. Namun, paparan berlebih terhadap media sosial kerap memicu overthinking dan kecemasan, terutama di kalangan muslimah. Dibutuhkan platform yang tidak hanya menghibur, tetapi juga membangun citra positif dan memberdayakan. Akun Instagram @lovlavinaa hadir sebagai media yang konsisten menyebarkan konten inspiratif untuk membentuk citra muslimah yang mandiri dan positif. Permasalahan dalam penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh akun @lovlavinaa dalam membentuk citra tersebut, serta bagaimana persepsi followers terhadap citra muslimah mandiri dan positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang diterapkan serta memahami pandangan followers terhadap konten dan pesan yang disampaikan melalui akun tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam analisis adalah strategi komunikasi persuasif dari Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball-Rokeach serta teori citra Frank Jefkins. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @lovlavinaa secara konsisten menggunakan strategi psikodinamika, sosiokultural, dan the meaning of constructions dalam menyampaikan pesan-pesannya. Followers menilai akun ini berhasil membentuk citra muslimah yang mandiri dan positif melalui kesan awal yang menyenangkan (perceptual), pemaknaan nilai-nilai kemandirian dan spiritualitas (conceptual), serta sikap positif berupa kekaguman dan inspirasi (attitudinal). Akun ini tidak hanya menjadi sumber motivasi, tetapi juga menciptakan komunitas digital yang mendukung pengembangan diri muslimah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Instagram, Citra Muslimah, Komunikasi Persuasif | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:41 | ||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14157 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |