Munassyaroh, Khulfi Feby (2025) Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan dan Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Sakinah Mart Kabupaten Pemalang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4120175_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4120175_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
4120175_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Industri ritel adalah sektor yang penting bagi perekonomian Indonesia. Di tingkat global, pasar ritel Indonesia menunjukkan potensi yang signifikan. Sektor ini memberikan kontribusi terbesar kedua terhadap pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) setelah industri pengolahan. Selain itu, dari segi pengeluaran, PDB yang dipengaruhi oleh pola konsumsi memiliki keterkaitan yang kuat dengan industri ritel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, kualitas layanan dan relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus pada pelanggan sakinah mart kabupaten pemalang). Populasi penelitian ini adalah pelanggan ritel sakinah mart kabupaten pemalang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 responden dengan menggunakan random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuesioner. Metode analisis yang digunakan yaitu uji kualitas data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Data pada penelitian ini diolah menggunakan software SPSS statistics 26. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut : 1) variabel promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan, 2) variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan, 3) variabel relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan. 4) secara simultan variabel promosi, kualitas layanan dan relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus pada pelanggan sakinah mart kabupeten pemalang). Berdasarkan hasil uji koefisisen determinasi menunjukan bahwa promosi, kualitas pelayanan dan relationship marketing secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan persentase sebesar 48,4%. Kata Kunci : Promosi, kualitas layanan, relationship marketing, kepuasan pelanggan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Promotion, service quality, relationship marketing, customer satisfaction | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:24 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:24 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14158 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |