Peran Edukatif Ayah Dalam Mendidik Anak Melalui Strategi Dialog (Studi Kasus Di Dusun Jrakah Sari Desa Pesanggrahan Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan)

Arroyan, Muhammad (2025) Peran Edukatif Ayah Dalam Mendidik Anak Melalui Strategi Dialog (Studi Kasus Di Dusun Jrakah Sari Desa Pesanggrahan Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50223012 - Bab I dan Bab VII.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50223012 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
50223012 - Lampiran.pdf

Download (702kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama yang sangat menentukan arah perkembangan kepribadian dan karakter anak. Dalam konteks masyarakat Indonesia, peran ayah seringkali tereduksi hanya sebagai pencari nafkah, sehingga keterlibatan langsung dalam pendidikan anak masih minim. Fenomena ini perhatian serius dalam konteks keluarga modern, termasuk di lingkungan Dusun Jrakah Sari, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran edukatif ayah dalam mendidik anak melalui strategi dialog. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun keterbatasan waktu akibat kesibukan kerja dan pengaruh teknologi digital, ayah di Dusun Jrakah Sari tetap berupaya aktif mendidik anak melalui dialog empatik dan reflektif. Bentuk strategi dialog yang digunakan meliputi penggunaan bahasa sederhana, penyisipan nilai agama, pemberian nasihat dengan nada lembut, pengajaran melalui pengalaman hidup, serta pemilihan waktu yang tepat untuk berdialog. Kolaborasi antara ayah dan ibu terbukti meningkatkan motivasi belajar dan membentuk karakter anak yang religius, bertanggung jawab, disiplin, dan empatik. Dengan demikian, penelitian ini menguatkan bahwa peran edukatif ayah melalui strategi dialog sangat signifikan dalam pembentukan karakter dan perkembangan psikososial anak secara holistic di zaman digital sekarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade Dedi197101151998031002UNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, Slamet196704211996031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Edukatif, Ayah, Pendidikan, Strategi Dialog
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:26
Last Modified: 15 Jul 2025 02:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14170

Actions (login required)

View Item View Item