Hanum, Cholidah (2025) Penerapan Metode Reward Dan Punishment Menabung Bintang Dalam Membentuk Karakter Mandiri Anak Di Ra Masyithoh Wonokerto Bandar. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2418080_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2418080_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text
2418080_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan sebuah bimbingan yang diberikan secara terstruktur kepada anak agar dapat mengembangkan semua potensi yang ada dalam dirinya, termasuk karakter mandiri pada anak. Dalam membentuk karakter mandiri anak salah satunya menggunakan metode reward dan punishment menabung Bintang yang telah diterapkan di RA Masyitoh Wonokerto Bandar. Penggunaan metode reward dan punishment menabung bintang ini dinilai guru lebih efektif dalam membentuk karakter mandiri pada anak didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode reward dan punishment menabung bintang dalam membentuk karakter mandiri anak di RA Masyithoh Wonokerto Bandar, serta apa yang menjadi faktor pendukung dan fakot penghambat dalam penerapan metode reward dan panishment menabung bintang dalam membentuk karakter mandiri di RA Masyithoh Wonokerto Bandar. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode reward dan punishment menabung bintang dalam membentuk karakter mandiri anak di RA Masyithoh Wonokerto Bandar, serta untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang mengambil dari dua sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari guru RA Masyitoh Wonokerto Bandar, dan data sekunder yang diperoleh dari buku dan jurnal penelitian tentang tema penelitian yang terkait. Peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data, peneliti hanya menggunakan satu jenis triangulasi yaitu triangulasi Teknik. Teknik analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode reward dan punishment menabung Bintang ini terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Teknik ini dilakukan dengan cara peserta didik yang mampu bersikap mandiri akan diberikan reward berupa Bintang, sedangkan punishment yang dilakukan adalah tidak memberikan Bintang. Faktor pendukung datang dari orang tua, motivasi intrinsic anak, dan kebebasan berinofasi. Faktor penghambat yang dihadapi guru berupa adanya peserta didik yang merasa iri dan sedih ketika mendapatkan punishment serta kendala berupa guru dituntut untuk selalu memperbaharui metode agar lebih menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Reward dan Punishment, Menabung Bintang, Karakter Mandiri | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:22 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:22 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14175 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |