Arrohman, Aden Yanuar (2025) Konseling Islam Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Verbal Pada Anak Asuh Putra Di Panti Asuhan Ar-Robitoh Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3521083_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3521083_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
3521083_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Bullying verbal merupakan tindakan menyakiti orang lain melalui kata-kata, seperti mengejek, memberikan julukan yang merendahkan, mencemooh kekurangan fisik maupun kemampuan teman, serta mempermalukan anak lain di hadapan teman sebayanya. Bullying verbal menjadi kebiasaan yang sulit dihentikan karena dianggap sebagai bagian dari budaya bercanda yang wajar. Di Panti Asuhan Ar-Robitoh Kota Pekalongan, Konseling Islam menjadi salah satu cara untuk mengatsi perilaku bullying verbal yang terjadi pada anak asuh putra di panti. Yang diharapkan agar bullying verbal yang terjadi di panti bisa teratasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perilaku bullying verbal pada anak asuh putra di Panti Asuhan Ar-Robitoh Kota Pekalongan?, (2) Bagaimana konseling Islam dalam mengatasi perilaku bullying verbal pada anak asuh putra di Panti Asuhan Ar-Robitoh Kota Pekalongan?. Penelitian ini bertujuna untuk mengetahui perilaku bullying verbal pada anak asuh putra di Panti Asuhan Ar-Robitoh Kota Pekalongan dan untukmengetahui konseling Islam dalam mengatasi perilaku bullying verbal pada anak asuh putra di Panti Asuhan Ar-Robitoh Kota Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis yang dilakukan dalam penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data dan proses penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling Islam yang diterapkan di panti asuhan ini cukup efektif dalam mengurangi perilaku bullying verbal. Pendekatan mau’izhah hasanah, muhasabah, uswah hasanah, serta pembiasaan nilai-nilai Islami terbukti mampu menanamkan kesadaran spiritual dan mendorong anak untuk memperbaiki perilakunya. Meskipun belum sepenuhnya menghilangkan bullying verbal, konseling Islam memberikan perubahan positif dalam perilaku sebagian besar anak asuh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Konseling Islam, Perilaku Bullying Verbal, Anak Asuh Putra | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 06:23 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 06:23 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |