Konseling Islam Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Verbal Pada Anak Asuh Putra Di Panti Asuhan Ar-Robitoh Kota Pekalongan

Arrohman, Aden Yanuar (2025) Konseling Islam Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Verbal Pada Anak Asuh Putra Di Panti Asuhan Ar-Robitoh Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3521083_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3521083_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
3521083_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Bullying verbal merupakan tindakan menyakiti orang lain melalui kata-kata, seperti mengejek, memberikan julukan yang merendahkan, mencemooh kekurangan fisik maupun kemampuan teman, serta mempermalukan anak lain di hadapan teman sebayanya. Bullying verbal menjadi kebiasaan yang sulit dihentikan karena dianggap sebagai bagian dari budaya bercanda yang wajar. Di Panti Asuhan Ar-Robitoh Kota Pekalongan, Konseling Islam menjadi salah satu cara untuk mengatsi perilaku bullying verbal yang terjadi pada anak asuh putra di panti. Yang diharapkan agar bullying verbal yang terjadi di panti bisa teratasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perilaku bullying verbal pada anak asuh putra di Panti Asuhan Ar-Robitoh Kota Pekalongan?, (2) Bagaimana konseling Islam dalam mengatasi perilaku bullying verbal pada anak asuh putra di Panti Asuhan Ar-Robitoh Kota Pekalongan?. Penelitian ini bertujuna untuk mengetahui perilaku bullying verbal pada anak asuh putra di Panti Asuhan Ar-Robitoh Kota Pekalongan dan untukmengetahui konseling Islam dalam mengatasi perilaku bullying verbal pada anak asuh putra di Panti Asuhan Ar-Robitoh Kota Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis yang dilakukan dalam penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data dan proses penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling Islam yang diterapkan di panti asuhan ini cukup efektif dalam mengurangi perilaku bullying verbal. Pendekatan mau’izhah hasanah, muhasabah, uswah hasanah, serta pembiasaan nilai-nilai Islami terbukti mampu menanamkan kesadaran spiritual dan mendorong anak untuk memperbaiki perilakunya. Meskipun belum sepenuhnya menghilangkan bullying verbal, konseling Islam memberikan perubahan positif dalam perilaku sebagian besar anak asuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZulfa, M.Pd, Nadhifatuz19851222 2015032003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konseling Islam, Perilaku Bullying Verbal, Anak Asuh Putra
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 14 Jul 2025 06:23
Last Modified: 14 Jul 2025 06:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14193

Actions (login required)

View Item View Item