Pengaruh Kemudahan, E-Service Quality, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pengguna Aplikasi E-Wallet Dana (Studi Pada Mahasiswa Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)

Virma, Natasya Mutiara Agus (2025) Pengaruh Kemudahan, E-Service Quality, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pengguna Aplikasi E-Wallet Dana (Studi Pada Mahasiswa Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4121166_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4121166_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
4121166_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

NATASYA MUTIARA AGUS VIRMA. Pengaruh Kemudahan, E-Service Quality, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pengguna Aplikasi E-Wallet DANA (Studi Pada Mahasiswa UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan, e-service quality, dan kepuasan terhadap loyalitas pengguna aplikasi e-wallet DANA pada mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena meningkatnya penggunaan dompet digital di kalangan mahasiswa, serta pentingnya mempertahankan loyalitas pelanggan dalam industri digital payment yang kompetitif. Variabel independen dalam penelitian ini meliputi kemudahan (X1), e-service quality (X2), dan kepuasan (X3), sedangkan variabel dependen adalah loyalitas pengguna (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 100 mahasiswa aktif pengguna aplikasi DANA di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengujian data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26. Masing-masing variabel diukur menggunakan indikator dari teori dan penelitian terdahulu, dengan skala likert sebagai alat ukur. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengguna, e-service quality tidak berpengaruh terhadap loyalitas pengguna dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengguna, sedangkan secara simultan kemudahan, e-service quality dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengguna. Nilai adjusted R² sebesar 44,4 mengindikasikan bahwa 44,4% variasi loyalitas pengguna dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen tersebut. Dengan demikian, peningkatan aspek kemudahan penggunaan, kualitas layanan digital, serta kepuasan pengguna dapat menjadi strategi penting dalam meningkatkan loyalitas pelanggan aplikasi e-wallet DANA di lingkungan mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohmah, M.M., Syifa199408222022032001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemudahan, E-Service Quality, Kepuasan, Loyaitas Pengguna, dan DANA.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 14 Jul 2025 06:46
Last Modified: 14 Jul 2025 06:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14233

Actions (login required)

View Item View Item