Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penguatan Karakter Percaya Diri Melalui Komunikasi Interpersonal Pada Tema Akhlak Terpuji Di SMP Negeri 3 Brebes

Abbas, Zulmi Aulia Azhari (2025) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penguatan Karakter Percaya Diri Melalui Komunikasi Interpersonal Pada Tema Akhlak Terpuji Di SMP Negeri 3 Brebes. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121248_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121248_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2121248_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Karakter percaya diri merupakan aspek penting yang harus dimiliki siswa untuk menghadapi tantangan pendidikan dan kehidupan sosial yang semakin kompleks. Namun, di SMP Negeri 3 Brebes, masih ditemukan siswa kelas VIII yang kurang berani mengemukakan pendapat dan belum aktif dalam pembelajaran. Guru Pendidikan Agama Islam berperan strategis dalam penguatan nilai-nilai akhlak terpuji, khususnya karakter percaya diri, melalui strategi pembelajaran yang menekankan komunikasi interpersonal pada materi akhlak terpuji. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam penguatan karakter percaya diri melalui komunikasi interpersonal pada tema akhlak terpuji, mendeskripsikan proses pembelajaran yang berlangsung, serta menganalisis urgensi karakter percaya diri bagi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Brebes. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas VIII, dengan keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam meliputi pemberian motivasi, diskusi kelompok, keteladanan, serta pembinaan melalui kerja sama dengan wali kelas dan kegiatan ekstrakurikuler. Proses pembelajaran dikembangkan melalui komunikasi interpersonal yang terbuka dan mendukung, sehingga meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran maupun pergaulan sehari-hari. Karakter percaya diri terbukti penting dalam membentuk keberanian, tanggung jawab, dan kesiapan siswa menghadapi tantangan di lingkungan sekolah maupun masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufid, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Komunikasi Interpersonal, Karakter Percaya Diri, Akhlak Terpuji
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:55
Last Modified: 14 Jul 2025 02:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14237

Actions (login required)

View Item View Item