Almuwafaq, Ghois (2025) Pembiasaan Bacaan Yasin Dan Tahlil Sebagai Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa Di SMK Merdeka Ulujami Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121276_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121276_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2121276__LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
Abstract
Meningkatnya krisis moral di kalangan remaja dewasa ini menuntut pendekatan baru dalam pendidikan karakter yang tidak hanya mengedepankan aspek kognitif, tetapi juga merangkul dimensi spiritual dan afektif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembentukan akhlakul karimah melalui kegiatan keagamaan yang telah menjadi bagian dari tradisi lokal, khususnya pembacaan Yasin dan tahlil. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan tersebut dijalankan di SMK Merdeka Ulujami Pemalang, nilai-nilai moral dan spiritual apa saja yang dikandungnya, serta faktor apa yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya dalam membentuk karakter siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi, yang melibatkan berbagai pihak seperti siswa, guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, serta wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan. Validitas data dijaga melalui penerapan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil menunjukkan bahwa rutinitas pembacaan Yasin dan tahlil setiap Jumat Kliwon pagi memiliki dampak positif dalam menanamkan nilai-nilai seperti keikhlasan, kedisiplinan, kepedulian sosial, dan rasa tanggung jawab. Aktivitas ini berfungsi bukan hanya sebagai ritual ibadah, tetapi juga sebagai media internalisasi nilai moral dalam kehidupan sehari-hari siswa. Adapun faktor pendukung keberhasilan kegiatan ini meliputi dukungan pihak sekolah dan partisipasi aktif dari siswa, sementara hambatan yang muncul antara lain perbedaan tingkat kesadaran spiritual dan keterbatasan waktu pelaksanaan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembiasaan bacaan Yasin dan tahlil secara kolektif berkontribusi signifikan dalam membentuk akhlakul karimah siswa. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah memperkuat kolaborasi dengan orang tua serta menerapkan sistem pemantauan yang lebih terstruktur untuk memastikan kesinambungan pembinaan karakter secara menyeluruh dan berkelanjutan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Yasin, tahlil, akhlakul karimah, pembiasaan, pendidikan karakter | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:12 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 08:12 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14270 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |