Afanillah, Kurnia Ahmad (2025) Strategi Komunikasi Pandawara Group Dalam Mendorong Isu Kebersihan Lingkungan Menjadi Kebijakan Publik. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
3418058_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
23418058_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
3418058_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Afanillah, Kurnia Ahmad. 2025. Strategi Komunikasi Pandawara Group Dalam Mendorong Isu Kebersihan Lingkungan Menjadi Kebijakan Publik Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Miftahul Huda, M. Sos Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pandawara Group Dalam Mendorong Isu Kebersihan Lingkungan Menjadi Kebijakan Publik” dikarenakan isu kebersihan lingkungan menjadi masalah darurat bagi publik. Sehingga diperlukan strategi komunikasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait isu tersebut. Strategi komunikasi di media sosial yang menjadi sorotan dalam isu tersebut adalah konten TikTok dan Instagram Pandawara. Dari konten media sosialnya, peneliti mencoba menganalisis strategi komunikasi yang dilakukan Pandawara Group agar bisa menjadi referensi bagi konten kreator lain dengan rumusan masalah “Bagaimana strategi komunikasi Pandawara Group dalam mendorong isu kebersihan lingkungan menjadi kebijakan publik?”. Adapun tujuannya adalah mengetahui bagaimana strategi komunikasi Pandawara dalam mendorong kebersihan lingkungan menjadi kebijakan publik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya studi kasus (case study). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori agenda setting milik Maxwell McCombs dan Donald Shaw untuk menganalisis strategi komunikasi Pandawara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi Pandawara Group dalam mendorong isu kebersihan lingkungan menjadi kebijakan publik terbukti efektif dan efisien dengan menggabungkan visual yang kuat seperti before-after dan time-lapse dalam membersihkan lingkungan terkotor, narasi dan caption yang emosional, pemanfaatan media sosial yang viral, edukasi dan aksi nyata langsung, penyampaian Pandawara yang mudah dimengerti serta kerap kali humoris, dan mengajak partisipan aktif dengan menyantumkan lokasi spesifik. Dengan pendekatan komunikasi yang dilakukan dengan partisipatif dan konsisten, Pandawara menjadikan isu kebersihan lingkungan menjadi prioritas publik dan secara tidak langsung mendorong kebijakan publik seperti regulatory policy (kebijakan regulasi) terkait regulasi larangan membuang sampah serta mendorong pemerintah daerah dan pusat membuat kebijakan baru untuk keberlangsungan kebersihan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pandawara Group, Isu Kebersihan Lingkungan, Kebijakan Publik | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 06:02 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 06:02 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14274 |
Available Versions of this Item
-
Strategi Komunikasi Pandawara Group
Dalam Mendorong Isu Kebersihan
Lingkungan Menjadi Kebijakan Publik. (deposited UNSPECIFIED)
- Strategi Komunikasi Pandawara Group Dalam Mendorong Isu Kebersihan Lingkungan Menjadi Kebijakan Publik. (deposited 14 Jul 2025 06:02) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |