Implementasi Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Diskusi Dalam Mencegah Kasus Bullying Di Kelas Viii Mts Nu 01 Batang

Waskito, Damar Wasis (2025) Implementasi Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Diskusi Dalam Mencegah Kasus Bullying Di Kelas Viii Mts Nu 01 Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3518079_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3518079_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3518079_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Permasalahan bullying di lingkungan sekolah menengah pertama masih menjadi perhatian serius. Kasus-kasus seperti ejekan, pemukulan, dan ancaman terus terjadi, bahkan menyebabkan trauma dan keengganan siswa untuk hadir di sekolah. Fenomena ini juga diperparah oleh contoh kasus viral secara nasional yang menunjukkan dampak fatal dari tindakan perundungan. Dalam konteks ini, bimbingan klasikal yang dilaksanakan oleh guru Bimbingan Konseling di MTs NU 01 Batang menjadi salah satu strategi penting untuk memberikan pemahaman dan pembinaan kepada siswa mengenai bahaya bullying dan cara menghindarinya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua rumusan masalah utama: bagaimana pelaksanaan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi dalam mencegah bullying, dan bagaimana kondisi bullying di kelas VIII MTs NU 01 Batang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan tersebut dan menggambarkan kondisi bullying secara aktual. Penelitian ini juga memberikan manfaat teoritis sebagai kontribusi ilmu pengetahuan di bidang bimbingan dan konseling, serta manfaat praktis bagi guru, siswa, dan peneliti sendiri dalam memahami dinamika serta solusi terhadap perundungan di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus lapangan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di kelas VIII MTs NU 01 Batang. Subjek penelitian meliputi guru BK, dan siswa kelas VIII. Tahapan-tahapan dalam bimbingan klasikal meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring, dan tindak lanjut. Dengan teknik diskusi sebagai proses kegiatan agar kegiatan dalam kelas lebih aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan implementasi bimbingan klasikal dengan teknik diskusi dalam mencegah kasus bullying di kelas VIII MTs NU 01 Batang siswa masih masih acuh, dan mengangap tidak penting, tidak peka antar siswa sesudah dilakukan siswa mampu mengetahui pengertian bullying sehingga menumbuhakn kesadaran diri untuk bisa mencegah kasus bullying di sekolah. Layanan ini perlu di terapkan secara rutin dan terstruktur sebagai bagian Upaya preventif di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNoviyanto, Kholid198810012019031008-
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Klasikal, Mencegah Kasus Bullying
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:46
Last Modified: 15 Jul 2025 08:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14309

Actions (login required)

View Item View Item