Faiz, Moch (2020) Implementasi pembelajaran kitab syi‘ir bahasa arab dalam meningkatkan penguasaan kosakata santri di pondok pesantren Al Mubarok kelurahan Medono kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari keunikan pembelajaran kosakata bahasa Arab di Pondok Pesantren Al Mubarok Medono Pekalongan yang berbeda dengan pembelajaran kosakata di lembaga pendidikan formal. Pembelajaran kosakata bahasa Arab di Pondok Pesantren Al Mubarok Medono Pekalongan dilakukan dengan dengan hafalan naẓam menggunakan Kitab Syi‘ir Bahasa Arab. Pembelajaran kosakata tersebut diperuntukkan untuk santri pemula sebelum mereka mempelajari kitab-kitab lain yang berbahasa Arab. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran Kitab Syi‘ir Bahasa Arab dalam meningkatkan penguasaan kosakata santri di Pondok Pesantren Al Mubarok Kelurahan Medono Kota Pekalongan? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan Kitab Syi‘ir Bahasa Arab dalam meningkatkan penguasaan kosakata santri di Pondok Pesantren Al Mubarok Kelurahan Medono Kota Pekalongan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan berlokasi di Pondok Pesantren Al Mubarok Medono Kota Pekalongan. Sumber primer penelitian ini adalah ustadz bahasa Arab, dan perwakilan santri sedangkan sumber sekundernya adalah pengurus, buku-buku dan literatur-literatur yang berhubungan dengan penelitian. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian antara lain: 1) Bertujuan agar santri bisa menguasai kosakata bahasa Arab; materinya adalah naẓam-naẓam dalam Kitab Syi’ir Bahasa Arab; metode yang digunakan adalah metode menghafal; media yang digunakan yaitu kapur, papan tulis, buku, bolpoin, pensil, dan penghapus; serta evaluasi pembelajaran yang digunakan yaitu tes formatif yang berupa tes hafalan dan tes sumatif yang berupa tes tertulis. 2) Faktor pendukung dalam pembelajaran antara lain: motivasi santri untuk bisa membaca kitab kuning, Kitab Syi’ir Bahasa Arab menggunakan bahasa Jawa, krama, dan ngoko serta bahasa Indonesia yang sudah akrab di telinga santri, pembelajaran menggunakan lalaran yang memudahkan santri untuk menghafal, dan para santri senang dengan apa yang mereka pelajari. Sedangkan faktor pemnghambatnya antara lain: adanya perbedaan kemampuan para santri dalam menghafal, adanya santri yang mengantuk, serta faktor kemalasan santri
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran, Kosakata, Pondok Pesantren | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jun 2021 07:42 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jun 2021 01:41 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1431 |
Actions (login required)
View Item |