Strategi Dakwah Kyai Pondok Pesantren Al Hikmah Rembun Pekalongan Dalam Meningkatkan Antusias Warga Mengikuti Pengajian Di Era Digital

Dzulqarnain, Ahmad Alfain (2025) Strategi Dakwah Kyai Pondok Pesantren Al Hikmah Rembun Pekalongan Dalam Meningkatkan Antusias Warga Mengikuti Pengajian Di Era Digital. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3418025_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3418025_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3418025_LAMPIRANpdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dakwah yang diterapkan oleh Kyai Pondok Pesantren Al-Hikmah Rembun dalam meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap pengajian di era digital. Perkembangan teknologi dan media digital menuntut adaptasi metode dakwah agar tetap relevan dan efektif menjangkau masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melalui observasi, wawancara mendalam dengan Kyai, ustadz, santri, dan masyarakat, serta analisis dokumen terkait. Perkembangan era digital menuntut transformasi metode dakwah agar tetap efektif dan menarik minat masyarakat. Namun, belum banyak penelitian yang mengkaji strategi dakwah kyai pesantren dalam menghadapi tantangan ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi keilmuan dalam pengembangan metode dakwah di era digital, menjadi referensi bagi pesantren dan da’i dalam meningkatkan efektivitas dakwah, serta memberikan rekomendasi strategis untuk lembaga keagamaan dalam beradaptasi dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dakwah yang digunakan Kyai Pesantren Al-Hikmah Rembun di era digital, menganalisis dampak strategi tersebut terhadap partisipasi masyarakat dalam pengajian, dan menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan dakwah digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kyai Pondok Pesantren AlHikmah Rembun mengadopsi tiga strategi dakwah utama: Al-Manhaj Al-Athifi (sentimental) yang berfokus pada pendekatan hati dan pengayoman, Al-Manhaj Al-Aqli (rasional) yang mendorong pemikiran kritis dan diskusi, serta Al-Manhaj Al-Hissi (indrawi) yang menekankan keteladanan nyata dalam perilaku sehari-hari. Faktor pendukung implementasi strategi ini meliputi kegigihan Kyai dalam berdakwah, kesesuaian metode yang digunakan dengan karakteristik mad'u, serta kesadaran dan antusiasme warga Rembun yang secara umum agamis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun Kyai Abdus Somad telah memiliki fondasi strategi dakwah yang kuat dan diterima baik secara tradisional, optimalisasi di era digital memerlukan peningkatan literasi digital mad'u, diversifikasi format konten dakwah yang fleksibel, dan pemberdayaan sumber daya manusia di pesantren untuk mengelola platform digital secara lebih maksimal guna mengatasi kesenjangan akses dan waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNoviyanto, KholidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah Era Digital, Kyai Pondok Pesantren AlHikmah Rembun Pekalongan, Era Digital, Antusiasme Warga.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:14
Last Modified: 15 Jul 2025 02:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14344

Actions (login required)

View Item View Item