Implementasi Kegiatan Keputrian Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Siswi Di SMA Negeri 1 Bodeh Pemalang

Amelia, Fitroh Aida (2025) Implementasi Kegiatan Keputrian Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Siswi Di SMA Negeri 1 Bodeh Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121287_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (938kB)
[img] Text
2121287_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2121287_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan kegiatan keputrian yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam upaya meningkatkan akhlak siswi di SMA Negeri 1 Bodeh Pemalang, serta mengkaji berbagai hambatan beserta solusinya dalam proses pelaksanaan tersebut. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena degradasi moral di kalangan remaja putri, yang dipengaruhi oleh arus modernisasi dan penggunaan media sosial yang tidak sejalan dengan nilai-nilai ajaran Islam. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini (1) bagaimana hasil perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan keputrian oleh guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlak siswi di SMA Negeri 1 Bodeh Pemalang, (2) Apa hambatan dan solusi yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasikan kegiatan keputrian dalam meningkatkan akhlak siswi di SMA Negeri 1 Bodeh Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini mencakup tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Adapun informan dalam penelitian ini terdiri atas Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), kepala sekolah, serta siswi yang aktif mengikuti kegiatan keputrian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan keputrian yang dilaksanakan secara rutin setiap hari Jumat telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan akhlak siswi. Materi yang disampaikan meliputi nilai-nilai akhlak, etika berpakaian, sopan santun, dan nilai-nilai kemuslimahan. Guru PAI berperan aktif dalam merancang dan membimbing kegiatan dengan pendekatan edukatif dan keteladanan. Namun demikian, pelaksanaan kegiatan ini menghadapi sejumlah hambatan, seperti keterbatasan waktu, kekurangan pemateri, dan keterlambatan siswa. Untuk mengatasi hambatan tersebut, guru menerapkan strategi penggabungan kelas, efisiensi waktu, penjadwalan ulang, dan pendekatan personal terhadap siswi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Keputrian, Akhlak, Guru PAI, Siswi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:21
Last Modified: 15 Jul 2025 08:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14347

Actions (login required)

View Item View Item