Musyafa, Tsabit (2025) Pola Komunikasi Persuasif Masyarakat Dusun Kali Wisnu Sebagai Upaya Keberhasilan Pembangunan Masjid Baitussalam Desa Lumeneng Kab. Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
3421152_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
3421152_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
3421152_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pola komunikasi persuasif yang diterapkan oleh masyarakat Dusun Kali Wisnu sebagai upaya keberhasilan pembangunan Masjid Baitussalam di Desa Lumeneng, Kabupaten Pekalongan. Yang di latar belakangi oleh masyarakat Dusun Kali Wisnu yang berkeinginginan untuk memiliki masjid yang dapat menampung banyak warga untuk menjalankan aktivitas keagamaan. Pembangunan masjid di dusun kali wisnu adalah salah satu pembangunan yang unik dikarenakan proses pembangunannya yang terbilng cepat dibandingkan pembangunan masjid masjid di wilayah tersebut. selain itu hal menarik lainnya yaitu masyarakat dusun Kali Wisnu secara suka rela menginfakan sebagian besar penjualan sapi atau hasil dari pendapatan yang lain dengan nominal yang terbilang besar hanya untuk mewujudkan pembangunan masjid tersebut. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola komunikasi persuasif yang diterapkan Masyarakat dusun, serta faktor apa saja keberhasilan penggunaan komunikasi persuasif. selain itu diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengidentifikasi penggunaan komunikasi persuasif sebagai upaya keberhasilan pembangunan infrastrktur keagamaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan dengan pendekatan kualitatif. Selain itu untuk menjawab rumusan masalah diatas, Data diperoleh melalui observasi, dan dokumentasi serta wawancara kepada kepada masyarakat dusun, tokoh yang terlibat dalam proses pembangunan. Hasil temuan tersebut kemudian dianalisis menggunankan teori komunkasi persasif Robert Cialdini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan pembangunan masjid salah satunya di peroleh melalui pola komunikasi persuasif seperti timbal balik, komitmen dan konsistensi, bukti sosial, rasa suka, dan otoritas, sesuai dengan teori persuasi Robert Cialdini. Selain itu faktor faktor keberhasilan yang penggunaan komunikasi persuasif yaitu kolaborasi multisektoral masyarakat dusun melibatkan berbagai pihak dianaranya tokoh agama, tokoh masyarakat, dan ibu-ibu selain itu masyarakat dusun juga memenfaatkan komunikasi yang holistik yakni memeanfatkan berbagai media seperti pertemuan rutin, khutbah ulama maupun doa bersama. Masyarakat dusun mengarahkan komunikasi kepada ibu ibu karena memahami perempuan sebagai pengambil keputusan dalam lingkungan keluarganya. Selain itu keterbukaan dan trasnparansi dalam pengelolaan keuangan menjadi sarana untuk menjaga hubungan yang baik antara berbagai pihak yang terlibat dalam proses pembangun.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi Persuasif, Masyarakat Dusun, Pembangunan Masjid. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 05:52 | ||||||||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 05:52 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14360 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
