Ma'arif, Hamzah (2025) Peran Bimbingan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas Ii Mi Walisongo Kebonrowopucang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2318044_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2318044_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2318044_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Ma’arif, Hamzah. 2025. “Peran Bimbingan Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II MI Walisongo Kebonrowopucang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid. Pekalongan. Pembimbing Santika Lya Diah Pramesti, M.Pd. Rendahnya kemampuan berhitung menjadi salah satu masalah yang dihadapi di MI Walisongo Kebonrowopucang. Hal ini dapat berdampak pada pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika dasar. Diantara faktornya yakni kurang perhatian dan bimbingan dari orang tua ketika anak melaksanakan kegiatan belajar di rumah. Di rumah anak membutuhkan bimbingan dan proteksi dari orang tuanya untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Ketika siswa mengalami kesulitan belajar disekolah, orang tua menjadi guru kedua yang menjelaskan dan mengurai kesulitan tersebut. Orang tua memiliki peran yang penting dalam proses perkembangan seorang anak. Siswa yang kemampuan berhitungnya diatas rata-rata dikarenakan mendapatkan bimbingan orang tua dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis peran bimbingan orang tua dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II MI Walisongo Kebonrowopucang, serta Menganalisis faktor pendukung dan penghambat bimbingan orang tua dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II MI Walisongo Kebonrowopucang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Orang Tua siswa kelas II dan Wali kelas II MI Walisongo Kebonrowopucang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis data yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran bimbingan orang tua mampu meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Diantara peran bimbingan orang tua adalah: memberikan motivasi belajar; mengatasi kesulitan belajar; memberikan fasilitas belajar; pengawasan dan pendampingan. Faktor pendukung peran bimbingan orang tua diantaranya: keterlibatan aktif orang tua; sarana dan prasarana yang
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Bimbingan orang tua, kemampuan berhitung | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:38 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:38 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14382 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |