Gaya Komunikasi Dakwah Habib Zaidan Bin Haidar Bin Yahya Dalam Menarik Minat Generasi Z Terhadap Sholawat Melalui Youtube

Purnamasari, Anggi. (2025) Gaya Komunikasi Dakwah Habib Zaidan Bin Haidar Bin Yahya Dalam Menarik Minat Generasi Z Terhadap Sholawat Melalui Youtube. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420067_Cover_bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3420067_Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3420067_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi digital mengubah cara dakwah Islam menjangkau Generasi Z yang kritis dan dekat dengan media digital. Gaya komunikasi menjadi kunci keberhasilan, terutama di platform seperti YouTube. Habib Zaidan Bin Haidar Bin Yahya muncul sebagai pendakwah muda yang menarik perhatian dengan gaya santai, ekspresif, dan konten sholawat yang relevan bagi anak muda. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya minat Generasi Z terhadap sholawat melalui dakwah Habib Zaidan di YouTube. Penelitian ini merumuskan dua permasalahan utama, yaitu: bagaimana gaya komunikasi dakwah yang digunakan oleh Habib Zaidan dalam menarik minat Generasi Z terhadap sholawat melalui YouTube; dan bagaimana dampak dari gaya komunikasi tersebut terhadap keterlibatan dan persepsi religius Generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi video dakwah di YouTube, wawancara semi-terstruktur terhadap pengikut Generasi Z, dokumentasi, dan studi pustaka. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Habib Zaidan menggunakan kombinasi beberapa gaya komunikasi berdasarkan teori Robert Norton, di antaranya: Dominant Style, Friendly Style, Animated Style, Relaxed Style, dan Impression-Leaving Style. Gaya-gaya tersebut dianggap efektif dalam menarik perhatian Generasi Z karena menampilkan komunikasi yang tidak menggurui, emosional, relevan, dan menyentuh sisi spiritual anak muda. Dampaknya, Generasi Z menunjukkan peningkatan minat terhadap sholawat, keterlibatan aktif dalam kegiatan keagamaan, dan persepsi positif terhadap nilai-nilai religius yang disampaikan melalui dakwah digital

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAzzuhri, Muhandis197801052003121002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gaya Komunikasi, Dakwah, Generasi Z, Sholawat, YouTube,
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:43
Last Modified: 16 Jul 2025 03:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14407

Actions (login required)

View Item View Item