Izin, Amin Nur Alfa (2025) Implementasi Metode Lalaran Dalam Pembelajaran Nahwu Kitab Jurumiyah Santri Pondok Pesantren As-Sami’aniy Kesesi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2221091_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (769kB) |
![]() |
Text
2221091_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2221091_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) |
Abstract
Nahwu sering disebut sebagai landasan ilmu dalam mengkaji bahasa Arab. Nahwu juga menjadi pintu utama dalam mempelajari berbagai kitab berbahasa Arab yang membahas Agama Islam. Adanya metode lalaran adalah karena banyaknya santri yang kesulitan dalam menghafal dan memahami materi nahwu. Penelitian bertujuan untuk menganalisis implementasi, kelebihan dan kekurangan Metode Lalaran dalam pembelajaran Nahwu Kitab Jurumiyah santri Pondok Pesantren As-sami'aniy Kesesi Kabupaten Pekalongan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode lalaran dalam pembelajaran nahwu kitab jurumiyah santri Pondok Pesantren As-sami’aniy Kesesi Kabupaten Pekalongan dan apa kelebihan dan kekurangan implementasi metode lalaran dalam pembelajaran nahwu kitab jurumiyah santri Pondok Pesantren As-sami’aniy Kesesi Kabupaten Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana implementasi dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dalam implementasi metode lalaran dalam pembelajaran nahwu kitab jurumiyah santri Pondok Pesantren As-sami’aniy Kesesi Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer pada penelitian ini ialah guru nahwu dan santri kelas satu, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku maupun jurnal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Nahwu Kitab Jurumiyah dengan menggunakan Metode Lalaran di Pondok Pesantren As-sami'aniy Kesesi Kabupaten Pekalongan berdampak baik bagi santri. Ini dibuktikan dengan hasil nilai santri kelas satu yang sudah memenuhi kriteria kelulusan. Im \plementasi metode lalaran di terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Metode lalaran memiliki beberapa kelebihan yaitu, memudahkan hafalan, memudahkan pemahaman, serta membuat santri tidak mudah bosan. Selain kelebihan tersebut, metode lalaran juga memiliki beberapa kekurangan yaitu kekurangan dari diri santri seperti kelelahan, ngantuk, kurang fokus. Kekurangan lainya yaitu dalam implementasi metode lalaran dibutuhkan ustaz yang kompeten dalam mengajar dan mengkondisikian santri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | metode lalaran, nahwu, kitab jurumiyah | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 03:51 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 03:51 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14417 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |