Implementasi Program Pembelajaran Calistung Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran di TK Bhakti Prasetya Praja Sampih Wonopringgo

Khasanah, Nur Fatkhun (2025) Implementasi Program Pembelajaran Calistung Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran di TK Bhakti Prasetya Praja Sampih Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2421062_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2421062_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
2421062_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan tahap penting dalam mendukung perkembangan optimal anak, terutama dalam membangun keterampilan dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung (calistung). Calistung menjadi landasan penting bagi kesiapan anak memasuki jenjang pendidikan dasar. Metode bermain peran menjadi strategi pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif untuk menumbuhkan minat anak dalam belajar calistung. Di TK Bhakti Prasetya Praja Sampih Wonopringgo, metode ini diterapkan secara rutin dua kali dalam seminggu guna mengembangkan keterampilan dasar anak secara holistik. Penelitian ini difokuskan untuk menelaah pelaksanaan program pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung (calistung) pada anak usia dini dengan pendekatan metode bermain peran, termasuk berbagai problematika yang dihadapi oleh pendidik serta upaya penyelesaian yang dilakukan. Hasilnya diharapkan dapat memberikan gambaran penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran calistung yang efektif bagi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan implementasi program pembelajaran calistung anak usia dini di TK Bhakti Prasetya Praja Sampih Wonopringgo. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber utama kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan berdasarkan model miles dan hubermen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program pembelajaran calistung melalui metode bermain peran di TK Bhakti Prasetya Praja Sampih Wonopringgo, mampu meningkatkan kemampuan dasar anak dalam membaca, menulis, dan berhitung. Anak mulai mampu mengenal huruf, menulis kata sederhana seperti nama sendiri, serta memahami konsep angka dan berhitung melalui kegiatan bermain yang menyenangkan. Pembelajaran dilaksanakan secara rutin dan kontekstual, dengan tema yang dekat dengan kehidupan anak. Guru berperan sebagai fasilitator dan merancang skenario bermain peran seperti jual beli di pasar. Kegiatan ini tidak hanya menstimulasi kemampuan kognitif, tetapi juga melatih eskpresi diri, kerja sama, dan rasa percaya diri anak. Evaluasi melalui catatan anekdot menunjukkan bahwa sebagian anak berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB). Walaupun terdapat problematika yang terjadi seperti kesiapan anak, kondisi kelas yang ramai, dan keterbatasan waktu, guru mampu mengatasi problematika tersebut, sehingga proses pembelajaran tetap berjalan secara optimal dan bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Calistung, Anak Usia Dini, Metode Bermain Peran
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:22
Last Modified: 16 Jul 2025 07:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14460

Actions (login required)

View Item View Item