Azizah, Efa Wafiq (2025) Pengaruh Inquiry Learning Berbantuan Aplikasi Photomath Terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Siswa Di SMK Ma'arif NU Tirto. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2621062_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2621062_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2621062_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Rendahnya pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa masih menjadi kendala dalam pembelajaran matematika, termasuk di SMK Ma’arif NU Tirto. Kondisi ini berdampak pada kurang optimalnya hasil belajar. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah inovasi pembelajaran melalui model Inquiry Learning berbantuan teknologi seperti aplikasi Photomath. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inquiry Learning berbantuan aplikasi Photomath terhadap pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi dasar penerapan strategi pembelajaran yang lebih efektif. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 66 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok: 33 siswa kelas XI TKJ 1 sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan berupa Inquiry Learning berbantuan Photomath, dan 33 siswa kelas XI TKJ 2 sebagai kelompok kontrol yang menggunakan model Discovery Learning. Instrumen penelitian terdiri dari tes uraian untuk mengukur pemahaman konsep matematis dan angket skala Likert untuk mengukur kemandirian belajar siswa. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, MANOVA. Hasil MANOVA sebelum perlakuan menunjukkan signifikansi 0,803, menandakan tidak ada perbedaan awal antar kelompok. Setelah perlakuan, nilai signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan adanya perbedaan signifikan secara simultan. Uji lanjut ANOVA dengan koreksi Bonferroni (α = 0,025) menunjukkan nilai signifikansi 0,002 pada kedua variabel, yaitu pemahaman konsep dan kemandirian siswa, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inquiry Learning berbantuan Photomath berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa. Meski efektif, penggunaan aplikasi Photomath tetap perlu pendampingan guru agar siswa memahami proses, bukan hanya hasil akhir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Inquiry Learning, Photomath, Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar Siswa | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:02 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:02 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14482 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |