Lecturer Strategies To Humanize Students Through Microteaching Course In English Education Department

Arfian, ricky (2025) Lecturer Strategies To Humanize Students Through Microteaching Course In English Education Department. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2519115_RICKY ARFIAN_COVER_BAB I BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2519115_RICKY ARFIAN_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
2519115_RICKY ARFIAN_LAMPIRAN_CV.pdf

Download (376kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Meningkatnya kebutuhan akan pengalaman pendidikan yang lebih empatik dan inklusif mendorong pentingnya upaya untuk memanusiakan proses pembelajaran, terutama dalam program pelatihan guru seperti mata kuliah microteaching. Namun, kenyataannya masih banyak siswa yang memandang pembelajaran sebagai proses mekanis, tanpa adanya keterlibatan emosional maupun kedekatan personal. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi dosen dalam memanusiakan mahasiswa melalui mata kuliah microteaching di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Pendekatan kualitatif dengan desain naratif digunakan, melibatkan wawancara mendalam dengan satu dosen berpengalaman. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis tematik Braun dan Clarke (2006) dan dipandu oleh teori Pembelajaran Berpusat pada Siswa (SCL) dari Piaget, yang menekankan otonomi siswa, kesiapan perkembangan, dan pentingnya membangun pengetahuan melalui partisipasi aktif. Temuan ini mengungkapkan keterlibatan motivasi melalui refleksi terhadap latar belakang pribadi siswa dan peran masa depan mereka sebagai pendidik, membina hubungan emosional untuk membangun kepercayaan dan keyakinan, mempromosikan pembelajaran mandiri dengan secara bertahap mengalihkan tanggung jawab kepada siswa dengan menggunakan pengajaran teman sebaya yang kolaboratif untuk mengembangkan empati dan keterampilan mengajar praktis, serta mengimplementasikan pengajaran yang berbeda berdasarkan gaya belajar masing-masing siswa. Strategi-strategi ini terbukti menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan akademis dan perkembangan emosional. Strategi ini juga meningkatkan rasa tanggung jawab, empati, dan pemikiran kritis siswa, mempersiapkan mereka untuk menjadi pendidik masa depan yang lebih humanis dan efektif. Sebagai kesimpulan, memanusiakan microteaching melalui strategi yang berpusat pada siswa menawarkan jalur holistik untuk membentuk guru yang kompeten, penuh kasih, dan reflektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKholis, Nur197502071999031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Microteaching, Memanusiakan, Dosen, Strategi
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2025 06:54
Last Modified: 17 Jul 2025 06:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14503

Actions (login required)

View Item View Item