Febryanti, Alfina Indah (2025) Peran Guru Sertifikasi Metode Ummi Dalam Menjaga Konsistensi Dan Kualitas Pembelajaran Membaca Al-Qur'an Pada Peserta Didik Di Mi Muhammadiyah Kauman Wiradesa. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
50223013 - Bab I dan Bab VII.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
50223013 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
50223013 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru yang tersertifikasi ummi dalam menjaga konsistensi dan kualitas pembelajaran membaca Al-Qur’an, khususnya di MI Muhammadiyah Kauman yang telah menerapkan metode ummi. Sertifikasi guru ummi menjadi indikator profesionalisme dan kompetensi dalam mengajar Al-Qur’an dengan baik, sistematis, dan sesuai kaidah tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran sertifikasi dalam menjaga konsistensi dan kualitas pembelajaran membaca Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan narasumber terdiri dari guru ummi bersertifikat, wakil kepala madrasah, dan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup kondensasi data, penyajian data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan, dan diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang tersertifikasi Ummi memiliki pengaruh besar dalam menciptakan pembelajaran yang konsisten dan berkualitas, mulai dari penggunaan metode talaqqi dan pembiasaan, hingga keteladanan akhlak. Sertifikasi mendorong guru untuk menerapkan pendekatan sesuai tahap perkembangan kognitif anak dan membentuk lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sertifikasi guru Ummi merupakan pondasi penting dalam menjaga kualitas dan kontinuitas pembelajaran membaca Al-Qur’an yang efektif dan bermakna.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Sertifikasi Guru, Konsistensi Pembelajaran, Kualitas Pembelajaran, Metode Ummi, Al-Qur’an | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 08:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 08:26 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14543 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |