Peran Guru Sertifikasi Metode Ummi Dalam Menjaga Konsistensi Dan Kualitas Pembelajaran Membaca Al-Qur'an Pada Peserta Didik Di Mi Muhammadiyah Kauman Wiradesa

Febryanti, Alfina Indah (2025) Peran Guru Sertifikasi Metode Ummi Dalam Menjaga Konsistensi Dan Kualitas Pembelajaran Membaca Al-Qur'an Pada Peserta Didik Di Mi Muhammadiyah Kauman Wiradesa. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50223013 - Bab I dan Bab VII.pdf

Download (2MB)
[img] Text
50223013 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
50223013 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru yang tersertifikasi ummi dalam menjaga konsistensi dan kualitas pembelajaran membaca Al-Qur’an, khususnya di MI Muhammadiyah Kauman yang telah menerapkan metode ummi. Sertifikasi guru ummi menjadi indikator profesionalisme dan kompetensi dalam mengajar Al-Qur’an dengan baik, sistematis, dan sesuai kaidah tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran sertifikasi dalam menjaga konsistensi dan kualitas pembelajaran membaca Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan narasumber terdiri dari guru ummi bersertifikat, wakil kepala madrasah, dan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup kondensasi data, penyajian data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan, dan diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang tersertifikasi Ummi memiliki pengaruh besar dalam menciptakan pembelajaran yang konsisten dan berkualitas, mulai dari penggunaan metode talaqqi dan pembiasaan, hingga keteladanan akhlak. Sertifikasi mendorong guru untuk menerapkan pendekatan sesuai tahap perkembangan kognitif anak dan membentuk lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sertifikasi guru Ummi merupakan pondasi penting dalam menjaga kualitas dan kontinuitas pembelajaran membaca Al-Qur’an yang efektif dan bermakna.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade Dedi197101151998031005UNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, Slamet196704211996031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Guru, Konsistensi Pembelajaran, Kualitas Pembelajaran, Metode Ummi, Al-Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 18 Jul 2025 08:26
Last Modified: 18 Jul 2025 08:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14543

Actions (login required)

View Item View Item