Implementasi pendidikan entrepreneurship dalam membentuk kemandirian dan sikap tanggung jawab santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadien Bojong

Rohman, Ahmad Luthfi Hidayatur (2025) Implementasi pendidikan entrepreneurship dalam membentuk kemandirian dan sikap tanggung jawab santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadien Bojong. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
FUL TEXT_ NIM.2121079_AHMAD LUTHFI HIDAYATUR ROHMAN (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I SAMPAI BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Fenomena meningkatnya tantangan dunia kerja dan lemahnya kesiapan mental generasi muda mendorong pentingnya pendidikan yang tidak hanya menekankan aspek keilmuan, tetapi juga membentuk karakter kemandirian dan tanggung jawab. Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai tersebut melalui pembelajaran dan praktik kehidupan nyata. Namun, belum banyak penelitian yang mengkaji secara mendalam bagaimana implementasi pendidikan entrepreneurship di pondok pesantren dapat membentuk kemandirian dan tanggung jawab santri secara nyata. Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadien Bojong, merupakan salah satu pesantren yang secara bertahap menerapkan pendidikan entrepreneurship sebagai sarana membentuk karakter santri. Dalam penelitian ini mencakup bagaimana implementasi pendidikan entrepreneurship di pesantren, bagaimana bentuk kemandirian dan tanggung jawab yang terbentuk dari proses tersebut, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi pendidikan entrepreneurship, menganalisis pengaruhnya terhadap pembentukan karakter santri, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi pengasuh pondok, pengelola unit usaha, dan santri aktif yang terlibat dalam kegiatan kewirausahaan. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan validitas data diperkuat melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan entrepreneurship di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin telah diterapkan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang terstruktur. Program ini efektif membentuk kemandirian, tanggung jawab, dan rasa percaya diri santri. Faktor pendukung meliputi motivasi internal, dukungan pengasuh dan pengelola, serta fasilitas yang memadai. Adapun hambatannya mencakup manajemen waktu, kurangnya kesadaran individu, serta tantangan eksternal seperti persaingan usaha dan cuaca. Pendidikan ini dinilai layak menjadi model pendidikan karakter berbasis praktik bagi pesantren lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, RahmatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pendidikan entrepreneurship, kemandirian, tanggung jawab, pondok pesantren
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Sep 2025 03:44
Last Modified: 22 Sep 2025 03:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14567

Actions (login required)

View Item View Item