Pratama, Hendiartha Noor (2025) Implementasi program ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter islami siswa kelas agama di SMP Negeri 1 Bodeh Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
FULL TEXT_2121236_HENDIARTHA_NOOR_PRATAMA (1).pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
2121236_BAB I SAMAPI BAB V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, yaitu adanya tantangan dalam menggabungkan pendidikan agama dengan nilai-nilai Islami dalam keseharian siswa, terbatasnya waktu untuk pelajaran Agama Islam (PAI) formal, serta pengaruh perubahan sosial dan globalisasi yang membutuhkan strategi pendidikan karakter yang lebih menyeluruh. Dengan latar belakang tersebut, penelitian ini mengkaji pelaksanaan program ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter Islami siswa kelas agama di SMP Negeri 1 Bodeh Pemalang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pelaksanaan program ekstrakurikuler keagamaan, serta mengidentifikasi hambatan dan kesempatannya dalam pembentukan karakter Islami siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan fokus pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan Kepala Sekolah, Pembina Ekstrakurikuler Keagamaan, dan para siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program dirancang dengan sangat baik, teratur, dan sesuai dengan tujuan sekolah untuk mengembangkan bakat keagamaan, memperdalam pemahaman, dan menanamkan akhlak mulia. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara rutin setiap Senin hingga Kamis setelah jam pelajaran, dengan bimbingan langsung dan fasilitas yang memadai dari sekolah. Aktivitas utamanya mencakup hafalan Al-Qur'an (juz 30 dan surat pilihan), pelajaran fikih, pelatihan seni Islam seperti rebana dan pidato, serta pembiasaan zikir dan tadarus Al-Qur'an. Evaluasi program dilakukan secara teratur oleh guru pembina dan kepala sekolah, meliputi penilaian keaktifan, kedisiplinan beribadah, kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur'an, serta sikap sehari-hari siswa. Meskipun program ini menghadapi beberapa kesulitan seperti waktu yang terbatas, keterlibatan siswa yang belum maksimal, dan kurangnya fasilitas, program ini memiliki banyak kesempatan berkat dukungan kuat institusional yang sudah berjalan selama sepuluh tahun. Selain itu, program ini menyediakan pengalaman belajar praktik yang bisa diterapkan dan mampu memperkuat nilainilai Islami di luar pelajaran formal. Secara keseluruhan, program ekstrakurikuler keagamaan ini terbukti efektif dan memberikan dampak positif dalam membentuk karakter Islami siswa melalui pengalaman langsung dan kegiatan keagamaan yang terus-menerus.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, ekstrakurikuler keagamaan, karakter islami | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 02 Oct 2025 01:48 | ||||||||
| Last Modified: | 02 Oct 2025 01:51 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
