Implementasi pembiasaan pembacaan nadhom asmaul husna sebagai upaya penguatan karakter religius pada siswa di SMP Negeri 2 Adiwerna Tegal

Amelia, Hanun (2025) Implementasi pembiasaan pembacaan nadhom asmaul husna sebagai upaya penguatan karakter religius pada siswa di SMP Negeri 2 Adiwerna Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
FULL TEXT_ NIM.2121063_ HANUN AMELIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I SAMPAI BAB V.pdf

Download (524kB)
[img] Text
17_ Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Karakter religius merupakan salah satu aspek kepribadian manusia yang harus ditanamkan pada anak-anak sedini mungkin, agar nantinya tidak menghambat perkembangan anak selanjutnya. Namun realitanya menunjukkan bahwa tidak sedikit siswa yang masih mengalami penurunan sikap religius, terutama di sekolahsekolah formal, seperti kurangnya sikap disiplin, sopan santun, kurangnya sikap kejujuran, dan juga rendahnya rasa antusias terhadap kegiatan keagamaan. Berdasarkan observasi di SMP Negeri 2 Adiwerna Tegal, telah ditemukan berbagai macam permasalahan berkaitan dengan karakter religius siswa dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan adanya upaya dalam rangka untuk memperkuat karakter religius siswa salah satunya yaitu dengan menerapkan program pembiasaan membaca asmaul husna secara konsisten dan berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah: (1) Bagaiamana implementasi pembiasaan pembacaan asmaul husna sebagai upaya penguatan karakter religius pada siswa di SMP Negeri 2 Adiwerna Tegal? (2) Bagaimana penguatan karakter religius pada siswa? dan (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembiasaan tersebut?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendekripsikan bagaimana implementasi pembiasaan pembacaan asmaul husna sebagai upaya penguata karakter religius pada siswa di SMP Negeri 2 Adiwerna Tegal, mengetahui penguatan karakter religius, serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat nya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode lapangan melalui teknik pengumpulan data wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini terdiri atas data primer yang diperoleh langsung dari narasumber yaitu, kepala sekolah, guru PAI, wali kelas, dan siswa. Adapun untuk data sekunder diperoleh dari buku, artikel, jurnal, skripsi, dan dokumen sekolah. Teknis analisis data yang dilakukan melalui tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembiasaan pembacaan asmaul husna dilakukan dengan membaca asmaul husna bersama-sama di kelas masing-masing. Pembiasaan asmaul husna mampu menguatkan karakter religius siswa, meskipun tidak secara menyeluruh pada siswa, salah satunya dengan meningkatkan kualitas ibadah siswa. Adapun faktor pendukung kegiatan ini meliputi dukungan kepala sekolah, peran guru PAI, kebijakan dan struktur yang jelas, sumber daya dan lingkungan yang mendukung, serta partisipasi siswa. Sedangkan hambatan yang dihadapi antara lain keterbatasan pemahaman makna, monotonitas, keterbatasan waktu, tingkat kedisiplinan. Secara keseluruhan, program pembiasaan pembacaan asmaul husna di SMP Negeri 2 Adiwerna memberikan dampak nyata dalam menguatkan karakter religius siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrayogi, ArdityaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pembiasaan pembacaan, penguatan, karakter religius
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Oct 2025 03:03
Last Modified: 02 Oct 2025 03:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14569

Actions (login required)

View Item View Item