Implementasi Ektrakurikuler Seni Tari Soyong Dalam Menanamkan Karakter Nilai Kerja Sama Pada Siswa Di MIS NU Al Utsmani Kajen Pekalongan

Muna, Shovil (2025) Implementasi Ektrakurikuler Seni Tari Soyong Dalam Menanamkan Karakter Nilai Kerja Sama Pada Siswa Di MIS NU Al Utsmani Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321046_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321046_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2321046_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pendidikan karakter, khususnya nilai kerja sama, dalam membentuk generasi muda yang mampu berinteraksi dan bekerja secara kolektif dalam kehidupan sosial. Kegiatan ekstrakurikuler tari dipilih karena memiliki potensi dalam mengembangkan karakter siswa, khususnya melalui gerakan yang menekankan kekompakan, harmoni, dan kebersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi ekstrakurikuler seni tari Soyong dalam menanamkan karakter nilai kerja sama pada siswa kelas V dan VI di MIS NU Al Utsmani Kajen Pekalongan, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan keabsahan data melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler tari Soyong di MIS NU Al Utsmani telah diimplementasikan dengan baik melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan ini berhasil menumbuhkan nilai kerja sama seperti tanggung jawab, komunikasi, dan toleransi antar siswa. Adapun faktor pendukung dalam implementasi kegiatan ini antara lain semangat siswa, dukungan guru, serta lingkungan sekolah yang mendukung. Sementara itu, faktor penghambatnya meliputi keterbatasan sarana, jadwal latihan yang terbatas, dan kurangnya pelatih yang profesional. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kegiatan ekstrakurikuler yang berorientasi pada pembentukan karakter siswa di lingkungan sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPerdana, FirdausUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Ekstrakurikuler Seni Tari Soyong, Karakter, Nilai Kerja Sama.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2025 02:46
Last Modified: 18 Jul 2025 02:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14593

Actions (login required)

View Item View Item