Khasanah, Uswatun (2025) Analisis Kinerja Pelayanan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Pasca Ditetapkan Sebagai Badan Layanan Umum (Studi Kasus Pada Pusat Pengembangan Bisnis). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4121122_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (931kB) |
![]() |
Text
4121122_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
4121122_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) |
Abstract
Reformasi administrasi publik melalui pendekatan New Public Management (NPM) mendorong peningkatan efisiensi layanan sektor publik, termasuk di Indonesia dengan diterbitkannya sejumlah regulasi keuangan negara. Salah satu implementasinya adalah pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) yang memberikan fleksibilitas pengelolaan keuangan pada institusi pemerintah, termasuk perguruan tinggi. UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan merupakan salah satu PTKIN yang telah beralih menjadi BLU, dengan harapan mampu meningkatkan kualitas layanan publik melalui kinerja yang berbasis hasil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk pelayanan dan tingkat kepuasan terhadap layanan yang diberikan oleh Pusat Pengembangan Bisnis (P2B) pasca penetapan Badan Layanan Umum (BLU). Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif untuk menggambarkan kinerja pelayanan serta analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menunjukkan bahwa transformasi Pusat Pengembangan Bisnis (P2B) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menjadi Badan Layanan Umum (BLU) membuka peluang untuk peningkatan kualitas layanan, namun kinerja yang ditunjukkan belum optimal. Meskipun bentuk layanan telah mulai berkembang, masih terdapat kendala dalam strategi usaha, kualitas sumber daya manusia, sistem evaluasi, dan pemanfaatan layanan secara menyeluruh. Tingkat kepuasan pengguna berada pada kategori sedang, sementara sejumlah indikator kinerja belum tercapai secara maksimal. Hal ini bisa saja terjadi mengingat bahwa status BLU di institusi tersebut masih relatif baru dan masih berada dalam tahap awal pembenahan, sehingga berbagai sistem dan proses belum berjalan secara matang dan menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Badan Layanan Umum, Kinerja Pelayanan, Pusat Pengembangan Bisnis | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:48 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 02:48 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |