Sirait, Jessica Veronica Ramadhani (2025) Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Islam As-Salafiyah An Nidzamiyah Kecamatan Cikarang Utara. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2421010_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2421010_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2421010_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sirait, Jessica Veronica Ramadhani. 2025. Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Anak Usia Dini 5 – 6 Tahun di TK Islam As – Salafiyah An – Nidzamiyah Kecamatan Cikarang Utara. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Diah Puspitaningrum, M.Pd. Fenomena bullying juga terjadi pada lingkungan anak usia dini, seperti tindakan bullying verbal pada anak usia 5–6 tahun di TK Islam As-Salafiyah An-Nidzamiyah. Hal ini cukup memprihatinkan karena usia dini adalah masa penting pembentukan karakter dan perkembangan sosial-emosional. Oleh karena itu, guru memiliki peran besar dalam mencegah terjadinya bullying. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana peran guru dalam mengatasi perilaku bullying pada anak usia dini di TK Islam As– Salafiyah An-Nidzamiyah Kecamatan Cikarang Utara? (2) Apa saja dampak– dampak dari perilaku bullying pada anak usia dini di TK Islam As–Salafiyah An-Nidzamiyah Kecamatan Cikarang Utara? Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi perilaku bullying pada anak usia dini di TK Islam As–Salafiyah An-Nidzamiyah Kecamatan Cikarang Utara dan mengetahui dampak–dampak dari perilaku bullying pada anak usia dini di TK Islam As- Salafiyah An – Nidzamiyah Kecamatan Cikarang Utara. Jenis penelitian dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari guru wali kelas kelompok B. Data sekunder diperoleh dari dokumen yang mendukung. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang mencakup tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak dari perilaku bullying secara sosial, yaitu anak menarik diri, sulit beradaptasi, kehilangan kepercayaan pada teman, dan menyendiri; serta secara emosional, yaitu anak menjadi gelisah, mudah menangis, trauma, dan sulit mengelola emosi. Peran guru dalam mengatasi bullying di TK Islam As-Salafiyah An-Nidzamiyah yaitu sebagai fasilitator yang membantu anak mengenali dan memahami emosinya, sebagai demonstrator yang memberi contoh perilaku positif, sebagai motivator yang menanamkan sikap saling menghargai dan peduli, sebagai evaluator yang memantau perkembangan perilaku anak, serta sebagai pengelola yang menciptakan suasana kelas aman, nyaman, dan kondusif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Peran Guru, Bullying, Anak Usia Dini, Sosial Emosional | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:46 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 02:46 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |