Luthfiana, Hana (2020) Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pencak silat persaudaraan setia hati terate (psht) di SD Plus Baiturrahman Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan karakter bersifat multi level dan multi channel sehingga tidak mungkin dilaksanakan di sekolah saja. Pendidikan budaya bangsa dan karakter bangsa bisa masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah, dalam hal ini adalah kegiatan olahraga pencak silat. Pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate merupukan salah satu lembaga organisasi pencak silat yang berkiprah dalam pendidikan beladiri dan pembentukan karakter budi pekerti luhur. SD Plus Baiturrahman merupakan SD Suwasta yang berada di Kabupaten Pekalongan, di SD tersebut terdapat latihan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate yang tidak hanya mendidik beladiri saja, melainkan menanamkan karakter yang membuat anak-anak di SD tersebut agar menjadi berkarakter. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di SD Plus Baiturrahman Pekalongan? (2) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang di internalisasikan melalui ekstrakurikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di SD Plus Baiturrahman Pekalongan (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di SD Plus Baiturrahman Pekalongan?. Adapun tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di SD Plus Baiturrahman Pekalongan (2) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang di internalisasikan melalui ekstrakurikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di SD Plus Baiturrahman Pekalongan (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di SD Plus Baiturrahman Pekalongan Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di SD Plus Baiturrahman melalui ekstrakurikuler pencak silat PSHT berisi tentang materi kerohanian atau ke SHan, pemanasan latihan fisik, dan materi beladiri. Pelatih melakukan internalisasi nilai-nilai karakter ke dalam kegiatan ekstrakurikuler pencak silat PSHT dari awal kegiatan sampai kegiatan penutup ekstrakurikuler. (2) Nilai-nilai yang diinternalisasikan yaitu nilai cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya (religius), tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian, kejujuran dan amanah, bijaksana, hormat dan santun, dermawan, suka menolong, dan gotong royong (kerja sama), Percaya diri, kreatif, dan pekerja keras, kepemimpinan, dan keadilan, baik dan rendah hati, toleransi dan kedamaian dan kesatuan. (3) Faktor pendukung terdiri atas minat siswa, dukungan dari sekolah dan orang tua, sarana prasarana dan tenaga pelatih. Sedangkan faktor penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter ada tiga yaitu yaitu sikap ego siswa, lingkungan tempat tinggal siswa dan media massa. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hal tersebut dilakukan dengan mengadakan komunikasi dengan pembina ekstra atau kepala sekolah dan orangtua siswa dan selalu menyampaikan serta mencontohkan hal-hal yang baik dan tidak baik baik itu selama di kegiatan ekstra ataupun di luar kegiatan ekstra.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Nilai-nilai Karakter, Ekstrakurikuler Pencak Silat PSHT. |
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Markholis Markholis |
Date Deposited: | 11 Jun 2021 03:57 |
Last Modified: | 11 Jun 2021 03:57 |
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1464 |
Actions (login required)
View Item |