Upaya guru dalam menerapkan sikap sosial peserta didik melalui kegiatan pembelajaran ips pada siswa kelas vSD Negeri 04 Kesesi kabupaten Pekalongan

Agustin, Rani (2020) Upaya guru dalam menerapkan sikap sosial peserta didik melalui kegiatan pembelajaran ips pada siswa kelas vSD Negeri 04 Kesesi kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi bahwa sekolah memiliki kewajiban terhadap siswa dalam hal membina akhlak yang baik kepada peserta didik, oleh karena itu guru harus memiliki cara atau upaya yang dapat menjadikan peserta didik tidak hanya pintar secara akademik namun juga pendidik dapat menjadikan peserta didik memiliki sikap social yang baik. Hal ini sesuai dengan sekolah SD Negeri 04 Kesesi dari pihak kepala sekolah dan guru sudah mengupayakan atau mengusahakan agar siswa memiliki sikap sosial yang baik. Namun usaha yang dilakukan tersebut belum menunai hasil yang baik, masih banyak siswa yang bersikap social rendah. Dari uraian diatas, maka dirumuskan permasalahan dalam kripsi ini yaitu: (1)Bagaimana upaya guru dalam menerapkan sikap sosial pada siswa kelas V SD Negeri 04 Kesesi melalui kegiatan pembelajaran IPS. (2) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan sikap sosial peserta didik. Tujuan dari penelitian ini antara lain. (1) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam menerapkan sikap sosial pada siswa kelas V SD Negeri 04 Kesesi pada kegiatan pembelajaran IPS. (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan sikap sosial peserta didik. Adapun manfaat yang bisa diperoleh dari penelitian ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang usaha dalam meningkatkan sikap social bagi peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Research). Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data, peneliti melalui proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan upaya guru dalam menerapkan sikap social peserta didik dengan berbagai upaya yang dilakukan guru yaitu pembiasaan, keteladanan, kegiatanspontan, pengkondisian, menumbuhkan sikap solidaritas, bekerja sama dan tenggang rasa serta mengaitkan materi IPS dengan lingkungan sekitar. Dalam penerapan sikap social ada beberapa factor pendukung yaitu factor kebiasaan dan factor keluarga. Ada juga yang menjadi factor penghambat yaitu faktorl ingkungan, factor keluarga, dan factor teman sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, M.YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peserta didik, Sikap Sosial, IPS
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 06:55
Last Modified: 11 Jun 2021 06:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1469

Actions (login required)

View Item View Item