Implementasi Metode Role Playing Untuk Mengembangkan Keterampilan Bahasa Reseptif Dan Produktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Dialog Kelas Ii Msi 14 Medono Pekalongan

Akmal, Alfinna Amaliyatul (2025) Implementasi Metode Role Playing Untuk Mengembangkan Keterampilan Bahasa Reseptif Dan Produktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Dialog Kelas Ii Msi 14 Medono Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321041_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321041_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2321041_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Alfinna Amaliyatul Akmal. 2321041. 2025. Implementasi Metode Role Playing Untuk Mengembangkan Keterampilan Bahasa Reseptif dan Produktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Dialog Kelas II MSI 14 Medono Pekalongan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Agama Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing, Ibu Diah Puspitaningrum, M. Pd. Kata Kunci : Metode Role Playing, Keterampilan Bahasa Reseptif dan Produktif, Bahasa Indonesia, Dialog Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penguasaan keterampilan bahasa reseptif dan produktif sejak jenjang kelas rendah sebagai landasan dalam membenuk kemampuan berbahasa peserta didik secara menyeluruh. Keterampilan menyimak, membaca, berbicara, dan menulis perlu dikembangkan secara terpadu melalui metode pembelajaran yang aktif, kreatif, dan kontekstual. Dalam hal ini,peran guru sangat penting untuk menentukan keberhasilan proses pembelajaran, karena guru tidak hanya sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai sumber belajar, fasilitator, motivator, model bahasa, evaluator yang mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji implementasi metode role playing dalam mengembangkan keterampilan bahasa reseptif dan produktif peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi dialog kelas II MSI 14 Medono Pekalongan, serta untuk mengetahui sejauh mana peran guru dan penggunaan metode role playing mampu meningkatkan partisipasi pemahaman dan kemampuan berkomunikasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam proses pembelajaran dan implementasi metode role playing dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia materi dialog. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi yang memungkinkan peneliti memperoleh data yang akurat dan menyeluruh mengenai keterlibatan peserta didik, peran guru, serta respons yang muncul selama proses pembelajaran berlangsung. Pendekatan ini dipilih agar peneliti dapat memahami fenomena secara kontekstual dan naturalistik berdasarkan pengalaman langsung dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi dialog di kelas II MSI 14 Medono Pekalongan mendorong keterlibatan aktif terhadap peningkatan keterampilan bahasa reseptif dan produktif peserta didik. Peserta didik terlihat lebih aktif, antusias, dan percaya diri dalam mengikuti proses pembelajaran, terutama saat menyimak dialog dan memerankan peran secara lisan. Dalam aspek reseptif, peserta didik mampu memahami isi percakapan dengan lebih baik. Pada aspek produktif, mereka lebih percaya diri berbicara dan mulai mampu menulis dialog secara sederhana. Guru menjalankan perannya dengan mengarahkan jalannya proses pembelajaran berlangsung, memberikan arahan dan umpan balik, serta menciptakan suasana belajar yang mendukung partisipasi aktif peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPuspitaningrum, DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing, Keterampilan Bahasa Reseptif dan Produktif, Bahasa Indonesia, Dialog
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2025 07:38
Last Modified: 17 Jul 2025 07:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14715

Actions (login required)

View Item View Item