Implementasi Marketing Mix Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Pada Restoran Jawa Omah Carkonah Kabupaten Pekalongan

Alifia, Chika Ayu (2025) Implementasi Marketing Mix Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Pada Restoran Jawa Omah Carkonah Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4121041_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4121041_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
4121041_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Bisnis di era globalisasi menuntut strategi bisnis yang efektif dan etis, sesuai prinsip etika bisnis Islam. Meski demikian, pelanggaran etika masih marak di tengah persaingan pasar yang ketat. Di sektor kuliner Pekalongan, Restoran Jawa Omah Carkonah menarik banyak pengunjung berkat konsep unik, menu khas terjangkau, dan pemasaran digital yang efektif, menunjukkan adanya integrasi nilai etika dalam pemasarannya. Penelitian ini merumuskan dua permasalahan yaitu: marketing mix dalam etika bisnis islam serta implementasi marketing mix pada Restoran Jawa Omah Carkonah dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan marketing mix dalam perspektif etika bisnis Islam dan menganalisis implementasi marketing mix Restoran Jawa Omah Carkonah dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui metode studi lapangan, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan dipilih secara purposive sampling meliputi pemilik, karyawan, dan pelanggan Restoran Jawa Omah Carkonah. Data dianalisis menggunakan model analisis kualitatif dari Miles, Huberman dan Saldana. Proses analisis mencakup beberapa langkah yaitu kondensasi data dengan pemilihan informasi mengenai implementasi marketing mix pada Restoran Jawa Omah Carkonah pada perspektif etika bisnis Islam,penyajian data dalam bentuk deskripsi yang sistematis, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan dengan mengidentifikasi makna dari informasi yang diperoleh. Untuk memastikan keakuratan data yang diperoleh maka diperkuat melalui triangulasi sumber dan metode yang terdiri dari wawancara kepada pemilik, karyawan dan pelanggan, observasi di Restoran Jawa Omah Carkonah dan dokumentasi terkait operasional dan pemasaran restoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Restoran Jawa Omah Carkonah konsisten menerapkan elemen marketing mix sesuai prinsip etika bisnis Islam. Restoran tidak hanya mengejar keuntungan, tetapi juga keberkahan dan tanggung jawab sosial. Semua elemen marketing mix mengintegrasikan nilai syariah dan moral Islam secara konsisten, menciptakan kepercayaan pelanggan dan kesejahteraan karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Etika Bisnis Islam, Restoran Jawa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 18 Jul 2025 01:28
Last Modified: 18 Jul 2025 01:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14772

Actions (login required)

View Item View Item