Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Jumat Bersih Di Tk Negeri Pembina Kecamatan Tulis

Milariskiana, Milariskiana (2025) Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Jumat Bersih Di Tk Negeri Pembina Kecamatan Tulis. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2420054_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (981kB)
[img] Text
2420054_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2420054_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Milarsikiana, 2025. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Jumat Bersih di TK Negeri Pembina Kecamatan Tulis”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini FTIK UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : A. Tabi’in, M.Pd Kata kunci : Peran Guru, Karakter Peduli Lingkungan, Kegiatan Jumat Bersih, Anak Usia Dini. Pendidikan karakter peduli lingkungan merupakan aspek penting dalam pembentukan kepribadian anak sejak usia dini, terutama di taman kanak-anak berada pada masa emas Golden age. Isu lingkungan tentang pencemaran air dan kerusakan ala semakin mengancam kehidupan manusia, sehingga perlu ditanamkan pada sekolah melalui program, nyata yang dapat menanamkan nilai-nilai peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakter peduli lingkungan melalui kegiatan jumat bersih di TK Negeri Pembina Kecamatan Tulis. Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana peran guru dalam kegiatan jumat bersih?, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya?. Adapun Tujuannya adalah untuk menganalisis peran guru sebagai motivator dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada anak usia dini serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kegiatan jumat bersih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data meliputi guru, siswa dan dokumen sekolah. Analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian data, dan verifikasi data, serta mengacu pada teori Environmental Education Hungerford & Volk (1990) yang mencakup pengetahuan, sikap dan perilaku lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan Jumat Bersih di TK Negeri Pembina Kecamatan Tulis berperan signifikan dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan anak usia dini melalui tiga peran utama guru yaitu sebagai motivator, fasilitator, dan teladan. Dengan beberapa point penting beberapa point penting yaitu (1) Guru memberikan pengetahuan lingkungan kepada anak (Environmental Knowledge), (2) Guru rutin dalam kegiatan jumat bersih untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan pada anak (Environmental Attitude) dan (3) Anak-anak terlibat secara langsung dalam kegiatan untuk membiasakan diri dalam menjaga lingkungan (environmental behavior). Adapun faktor pendukung meliputi komitmen kuat kepala sekolah dan guru serta kolaborasi dengan orang tua/masyarakat, sedangkan penghambatnya yaitu kurangnya antusiasme anak, keterbatasan alat kebersihan, dan cuaca buruk. Upaya mengatasi hambatan dilakukan melalui evaluasi rutin, kolaborasi dengan stakeholders, dan pembiasaan konsisten di sekolah maupun rumah. Secara keseluruhan, kegiatan ini tidak hanya menjadi rutinitas semata tetapi berhasil menanamkan nilai-nilai peduli lingkungan yang berkelanjutan pada anak didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTabi'in, A.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Karakter Peduli Lingkungan, Kegiatan Jumat Bersih, Anak Usia Dini.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:48
Last Modified: 18 Jul 2025 03:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14778

Actions (login required)

View Item View Item