Ikhwanudin, Maulana (2025) Implementasi Kitab Al-Ajurūmiyyah Dalam Pembelajaran Ilmu Nahwu Santri Kelas I Ulya Pondok Pesantren Bahrul Falah Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID Pekalongan.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
2221038_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2221038_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2221038_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada implementasi Kitab Al-Ajūrumiyyah dalam pembelajaran ilmu Nahwu bagi santri kelas I Ulya Pondok Pesantren Bahrul Falah Pemalang, yang dipilih karena adanya kesulitan santri dalam memahami ilmu Nahwu, terutama mereka yang berlatar belakang sekolah umum dan belum pernah mempelajari ilmu ini sebelumnya. Masalah utama yang dihadapi adalah kurangnya penguasaan bahasa Arab dan perbedaan latar belakang pendidikan santri, yang mempengaruhi pemahaman mereka terhadap kaidah Nahwu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kitab Al-Ajūrumiyyah serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu pertama, Bagaimana implementasi kitab Al-Ajūrumiyyah dalam pembelajaran ilmu Nahwu santri kelas 1 Ulya Pondok Pesantren Bahrul Falah Pemalang? Kedua, Apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Al-Ajūrumiyyah dalam pembelajaran ilmu Nahwu santri kelas 1 Ulya Pondok Pesantren Bahrul Falah Pemalang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data penulisannya menggunakan data primer dari pondok pesantren Bahrul Falah Pemalang dan data sekunder seperti jurnal dan buku. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kitab Al-Ajūrumiyyah di Pondok Pesantren Bahrul Falah Pemalang dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan pembelajaran dengan menyiapkan materi pembelajaran dan muṭala’ah, kemudian pelaksanaan pembelajaran yang diawali dengan tawassul kepada muṣonif dilanjut dengan menerangkan materi kitab Al-Ajūrumiyyah menggunakan metode hafalan, bandongan¸ceramah, sorogan, diskusi mengenai materi yang sudah dipelajari dan tanya jawab di akhir pembelajaran. Terakhir, ditutup dengan do’a kafaratul majlis dan salam penutup. Terakhir evaluasi pembelajaran santri menggunakan tes dan non-tes, sedangkan untuk pendidik diadakan setiap akhir bulan. Adapun faktor pendukung pembelajaarannya yaitu; sumber daya, dukungan orang tua/wali santri, lingkungan belajar, keterlibatan santri dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu; beban kerja yang berlebihan, santri lulusan sekolah formal, sarana dan prasarana, dan gangguan kesehatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kitab Al-Ajurumiyyah, Ilmu Nahwu | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:12 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 03:12 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14791 |
Available Versions of this Item
-
IMPLEMENTASI KITAB AL-AJURŪMIYYAH DALAM PEMBELAJARAN ILMU NAHWU SANTRI KELAS I ULYA PONDOK PESANTREN BAHRUL FALAH PEMALANG. (deposited UNSPECIFIED)
- Implementasi Kitab Al-Ajurūmiyyah Dalam Pembelajaran Ilmu Nahwu Santri Kelas I Ulya Pondok Pesantren Bahrul Falah Pemalang. (deposited 18 Jul 2025 03:12) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |