Implementasi Metode Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX di SMPN 1 Pecalungan Batang

Susila, Retna (2025) Implementasi Metode Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX di SMPN 1 Pecalungan Batang. Other thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121272_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121272_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2121272_Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

keberagaman karakteristik peserta didik. Salah satu pendekatan yang relevan dalam konteks Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran berdiferensiasi, yang bertujuan menyesuaikan pembelajaran dengan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran berdiferensiasi dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas IX di SMPN 1 Pecalungan Batang, serta mengidentifikasi kendala dan solusi dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi dimulai dari asesmen diagnostik yang dilakukan saat Masa Orientasi Siswa (MOS), meskipun penyusunan modul ajar belum sepenuhnya merepresentasikan prinsip diferensiasi secara tertulis. Dalam pelaksanaannya, guru menerapkan variasi metode seperti tutor sebaya, tanya jawab, dan kerja kelompok, serta memberikan bentuk penugasan yang disesuaikan dengan kemampuan siswa. Kendala utama yang dihadapi guru meliputi keterbatasan waktu, pemahaman yang belum mendalam terkait diferensiasi konten, proses, dan produk, serta keterbatasan sumber belajar. Solusi yang diterapkan antara lain pelatihan mandiri, kolaborasi dengan rekan sejawat, dan pemanfaatan strategi motivasional seperti pemberian reward. Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui asesmen formatif dan sumatif, serta penilaian sikap dan keterampilan. Hasil penilaian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memberikan respon positif, merasa lebih termotivasi, aktif, dan nyaman dalam mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran berdiferensiasi terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Pecalungan Batang.

Item Type: Thesis (Other)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaifuddin, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jul 2025 00:58
Last Modified: 21 Jul 2025 00:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14832

Actions (login required)

View Item View Item