Puspita, Vinata Ika (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 1 KESESI. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2621086_BAB I dan BAB V.pdf Download (855kB) |
|
|
Text
2621086_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
|
Text
2621086_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Representasi matematis adalah kemampuan siswa untuk menggambarkan konsep matematika dalam berbagai bentuk, seperti grafik, diagram, dan simbol. Kemampuan ini sangat penting dalam menyelesaikan masalah matematika menjadi lebih konkret dan memudahkan siswa dalam memahami konsep matematika. Namun, hasil survei yang dilakukan oleh Suprayitna menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa saat ini belum memenuhi harapan minimal, dengan hanya 71% yang menunjukkan tingkat kemahiran yang memadai. Kurangnya tingkat kemahiran ini juga ditemui di SMP N 1 Kesesi. Alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi kurangnya tingkat kemahiran dalam pemecahan masalah representasi matematis yakni dengan menerapkan model pembelajaran yang mampu mengasah kemampuan representasi matematis siswa. Contextual Teaching and Learning diyakini mampu menumbuhkan kemampuan representasi matematis siswa melalui berbagai kegiatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP, serta apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP. Dan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan melibatkan dua kelas VIII SMP N 1 Kesesi, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Contextual teaching and learning, dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini menggunakan tiga eknik pengumpulan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Berdasarkan hasil observasi, keterlaksanaan implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP N 1 Kesesi sangat baik. 2) Hasil uji independent sample t-test menunjukkan t_hitung>t_tabel dengan nilai sig. (2-tailed)=0,000<0,05 yang artinya H_0 ditolak dan H_a diterima sehingga dapat di simpulkan model Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Kemampuan, Representasi Matematis. | ||||||||
| Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
| Depositing User: | Vinata Ika Puspita | ||||||||
| Date Deposited: | 07 Oct 2025 02:25 | ||||||||
| Last Modified: | 07 Oct 2025 02:25 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
