Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menabung (Studi Kasus Pada Simpanan Serbaguna di KSPPS SM NU Cabang Wiradesa)

Rahmawati, Sri Hesy (2025) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menabung (Studi Kasus Pada Simpanan Serbaguna di KSPPS SM NU Cabang Wiradesa). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221147_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4221147_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4221147_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

KSPPS SM NU Cabang Wiradesa merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang menawarkan produk simpanan SIGUN dengan berbagai keunggulan berbasis prinsip syariah. Namun, terjadi penurunan laju pertumbuhan anggota penabung pada tahun 2024. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, citra lembaga, dan kepercayaan terhadap keputusan anggota dalam menabung. Ketiga faktor ini dinilai penting untuk meningkatkan partisipasi anggota serta memperkuat posisi lembaga di tengah persaingan industri keuangan mikro yang semakin kompetitif. Penelitian kuantitatif adalah metode penyelidikan yang digunakan dalam penelitian ini. Pendekatan ini seharusnya menekankan aspek fenomena sosial yang dapat diukur secara objektif. Setiap kejadian atau fenomena diubah menjadi sejumlah komponen masalah, variabel dan indikator agar dapat diukur. Kategori informasi yang terkait dengan setiap variabel yang disebutkan digunakan untuk menentukan nilainya. Dengan menggunakan teknik perhitungan secara kuantitatif matematik menggunakan simbol-simbol angka dapat memberikan temuan dan suatu kesimpulan yang diterima secara umum. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung, dengan nilai t-hitung masing-masing sebesar 2,250 dan 2,070 yang lebih besar dari t-tabel 1,989, serta nilai signifikansi 0,027 dan 0,042 yang lebih kecil dari 0,05. Sementara itu, variabel citra lembaga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung karena memiliki nilai t-hitung 1,640 < t-tabel 1,989 dan signifikansi 0,105 > 0,05. Sedangkan hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa diperoleh nilai F-hitung sebesar 40,482 yang lebih besar dari F-tabel sebesar 2,71, serta nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Kondisi ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (Hₐ) diterima. Artinya, secara simultan variabel kualitas pelayanan (X₁), citra lembaga (X₂), dan kepercayaan (X₃) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menabung (Y). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel tersebut berperan penting secara bersama-sama dalam memengaruhi perilaku nasabah dalam mengambil keputusan untuk menabung. Kata Kunci: Keputusan menabung, kualitas pelayanan, citra lembaga, kepercayaan, KSPPS SM NU.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMa’shum, Muh. KhafidzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keputusan menabung, kualitas pelayanan, citra lembaga, kepercayaan, KSPPS SM NU
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:19
Last Modified: 18 Jul 2025 03:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14876

Actions (login required)

View Item View Item