Ainurokhmah, Nabila (2025) Strategi Komunikasi Pembinaan Agama Islam di Rumah Mualaf Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3421083_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (636kB) |
![]() |
Text
3421083_Full Text.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
19 LAMPIRAN INSTRUMEN WAWANCARA NABILA.pdf Download (413kB) |
Abstract
ABSTRAK Ainurokhmah, Nabila. 2025; ‘Strategi Komunikasi Pembinaan Agama Islam di Rumah Mualaf Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pekalongan. Skripsi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Qomariyah, M.S.I. Kata Kunci: Strategi, Komunikasi, Mualaf. Kurangnya pengetahuan agama Islam sering kali dialami oleh orang yang baru memeluk Islam (mualaf). Hal ini didasari adanya konversi agama yang dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Kondisi ini menunjukkan pembinaan keagamaan yang terarah dibutuhkan untuk membantu mualaf membangun keteguhan iman dalam menjalani kehidupan sebagai seorang Muslim. Strategi komunikasi menjadi fokus penting karena keberhasilan pembinaan dipengaruhi oleh bagaimana cara pesan-pesan keagamaan disampaikan. Oleh karena itu, penelitian ini diperoleh dua rumusan masalah penelitian: (1) bagaimana proses pembinaan agama Islam di Rumah Mualaf (MUI) Kota Pekalongan (2) bagaimana strategi komunikasi pembinaan agama Islam di Rumah Mualaf (MUI) Kota Pekalongan. Adapun penelitian dikaji untuk menjelaskan proses pembinaan agama Islam di Rumah Mualaf (MUI) Kota Pekalongan serta menjelaskan strategi komunikasi pembinaan agama Islam di Rumah Mualaf (MUI) Kota Pekalongan. Desain penelitian mengacu pada jenis penelitian kualitatif-deskriptif, dilengkapi dengan metode penelitian lapangan (Field Research). Sumber primer penelitian berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan: (1) proses pembinaan agama Islam di Rumah Mualaf MUI Kota Pekalongan terdiri atas pendataan dan penerimaan mualaf, serta pembinaan keislaman yang mencakup akidah melalui pendekatan door to door (langsung) dan ceramah, ibadah melalui pendekatan mentoring mualaf (insidental) dan demonstratsi salat, dan akhlak dilakukan melalui pendekatan melalui ceramah, diskusi dialog dua arah, dan identifikasi mualaf secara konteks relasi sosial. (2) strategi komunikasi pembinaan agama Islam terindikasi dua strategi komunikasi yang digunakan, diantaranya strategi komunikasi interpersonal dan strategi komunikasi kelompok. Menggunakan strategi komunikasi interpersonal dalam pembinaan agama Islam terlaksana melalui pendekatan door to door (langsung), mentoring mualaf secara insidental, dan pendekatan dalam indentifikasi mualaf secara konteks sosial (relasi antar etnis). Sedangkan strategi komunikasi kelompok terindikasi melalui tiga pendekatan yaitu ceramah, demonstrasi pelatihan salat, dan diskusi dialog dua arah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Komunikasi, Mualaf. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 06:34 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 06:34 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |