Alviana, Ilma (2025) Pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan wordwall terhadap kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri siswa pada materi peluang kelas X di MAN 2 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2621017_SAMPUL, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2621017_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2621017_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri merupakan dua aspek penting dalam proses pembelajaran matematika. Namun, hasil observasi di MAN 2 Kota Pekalongan menunjukkan bahwa kedua aspek tersebut masih rendah. Siswa cenderung pasif, kurang percaya diri saat mengemukakan ide, serta belum mampu mengaitkan konsep matematika dengan representasi seperti simbol, diagram, atau gambar. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu mendorong partisipasi aktif dan meningkatkan kepercayaan diri siswa, salah satunya adalah model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media interaktif Wordwall. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh signifikan dari model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Wordwall terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi peluang kelas X di MAN 2 Kota Pekalongan; 2) Apakah ada pengaruh signifikan dari model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Wordwall terhadap rasa percaya diri siswa pada materi peluang kelas X di MAN 2 Kota Pekalongan; 3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Wordwall terhadap kemampuan komunikasi matematis dan rasa percaya diri siswa pada materi peluang kelas X di MAN 2 Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental design) dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MAN 2 Kota Pekalongan yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan model TPS berbantuan Wordwall dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian meliputi tes uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis dan angket skala likert untuk mengukur percaya diri siswa. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan uji MANOVA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Wordwall berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi peluang kelas X di MAN 2 Kota Pekalongan. Hal ini dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,006 dan nilai t_hitung yaitu 2,887. Karena nilai signifikansi tersebut adalah kurang dari 0,05 (0,006 < 0,05) dan nilai t_hitung > t_tabel (2,887 > 1,675). Artinya penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Wordwall berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Wordwall terhadap percaya diri siswa pada materi peluang kelas X di MAN 2 Kota Pekalongan. Hal ini dilihat dari nilai F sebesar 2,280 dengan nilai Sig. 0,016 dan 0,017 dimana nilai tersebut kurang dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima yang berarti ada perbedaan signifikan antara rasa percaya diri siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberi perlakuan yang berbeda. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Wordwall terhadap kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri siswa pada materi peluang kelas X di MAN 2 Kota Pekalongan dengan hasil uji MANOVA yaitu didapat nilai F sebesar 7,181 dan nilai signifikansi sebesar 0,002 dimana 0,002 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima. Artinya terdapat pengaruh dari model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Wordwall terhadap kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri siswa di MAN 2 Kota Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share, Wordwall, Kemampuan Komunikasi Matematis, Percaya Diri. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 05:02 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 05:02 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14906 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |