Firdaus, Delliza (2025) "Peran Guru Pada Penerapan Pembiasaan Sekolah Dalam Pembentukan Etika Sopan Santun Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah 01 Kauman. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2421048_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (904kB) |
![]() |
Text
2421048_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
19. LAMPIRAN-LAMPIRANN.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
Abstract
Moralitas generasi muda saat ini telah banyak mengalami pergeseran moral dan mudah terpengaruh sehingga perlu diwaspadai terutama moralitas pada anak usia sekolah dasar, terutama kelas IV yang merupakan tahapan kelas peralihan dari rendah-tinggi sehingga membutuhkan upaya lebih intensif. Untuk itu sebagai langkah solusi, penelitian ini membahas tentang peran guru pada penerapan pembiasaan dalam pembentukan etika sopan santun siswa kelas IV. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran guru pada penerapan pembiasaan sekolah dalam pembentukan etika sopan santun siswa kelas IV MI Salafiyah 01 Kauman dan bagaimana kontribusi penerapan pembiasaan sekolah dalam pembentukan etika sopan santun pada siswa kelas IV MI Salafiyah 01 Kauman. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah menjelaskan peran guru pada penerapan pembiasaan sekolah dalam pembentukan etika sopan santun siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah 01 Kauman, serta mengetahui kontribusi penerapan pembiasaan sekolah dalam pembentukan etika sopan santun pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah 01 Kauman. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif, dengan data yang diperoleh melalui kondisi lapangan secara fakta tanpa adanya manipulasi di dalamnya. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru pada penerapan pembiasaan sekolah dalam pembentukan etika sopan santun siswa kelas IV MI Salafiyah 01 Kauman adalah sebagai teladan sebagai model perilaku melalui evaluasi pribadi guru dan menjadi contoh teladan yang dapat ditiru oleh peserta didik, pembimbing melalui dua strategi bimbingan yaitu kebijakan peraturan dan berperan aktif dalam bimbingan melalui pembelajaran, dan pendorong bagi siswa melalui dorongan emosional dan kunjungan ke kediaman siswa yang mengalami agresifitas perilaku untuk didiskusikan bersama pihak keluarga. Sementara kontribusi penerapan pembiasaan sekolah dalam pembentukan etika sopan santun dilakukan melalui pembiasaan yang ditunjukkan oleh guru, penciptaan peraturan, pengintegrasian nilai sopan santun dalam pembelajaran, dan penilaian afektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Pembiasaan Sekolah, Etika Sopan Santun. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 06:41 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 06:41 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14996 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |