Fitri, Itsna Lailiyyatul (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berpendekatan Teaching at The Right Level Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2621040 COVER BAB1 & 5.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
2621040 FULL TEXT 2OK.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
![]() |
Text
2621040 LAMPIRAN OK.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesengajaan antara pentingnya kemampuan literasi matematis peserta didik dan fakta bahwa kemampuan literasi peserta didik kelas VIII SMP N 1 Tlagasana Satu Atap rendah. Selanjutnya posisi materi SPLDV yang potensial untuk pembelajaran literasi matematis. Terakhir bukti toritis pada penelitian-penelitian sebelumnya memberikan gambaran alternatif solusi dengan menunjukan adanya pengaruh positif antara penerapan model PBL dan pendekatan TaRL terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik serta meningkatnya capaian peserta didik pada materi SPLDV dengan menggunakan media Geogebra. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berpendekatan Teaching at The Right Level berbantuan Geogebra terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik kelas VIII SMP N 1 Tlagasana Satu Atap? (2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berpendekatan Teaching at The Right Level berbantuan Geogebra terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik kelas VIII SMP N 1 Tlagasana Satu Atap? Berdasarkan rumusaln masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk meninjau pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berpendekatan Teaching at The Right Level berbantuan Geogebra dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik kelas VIII SMP N 1 Tlagasana Satu Atap. (2) Untuk mengukur seberapa besar kemampuan literasi matematis peserta didik kelas VIII SMP N 1 Tlagasana Satu Atap yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning berpendekatan Teaching at The Right Level berbantuan Geogebra? Jenis penelitian ini adalah kuantitatif melalui metode eksperimen dan desain Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 1 Tlagasana Satu Atap, yang berjumlah 31 peserta didik, dengan sampling jenuh yang melibatkan sampel 14 peserta didik VIII A sebagai kelas eksperimen dan 17 peserta didik kelas VIII B yang berjumlah sebagai kelas kontrol. Selanjutnya teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, hipotesis, dan N-Gain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Literasi matematis, Teaching at The Right Level, Pengaruh. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 08:12 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 08:12 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14997 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |