Analisis Konten Dakwah Bil Qalam Pada Media Sosial Instagram Akun @cewehijrah (Periode Oktober 2023 - Oktober 2024)

Aktri, Ade Kartika (2025) Analisis Konten Dakwah Bil Qalam Pada Media Sosial Instagram Akun @cewehijrah (Periode Oktober 2023 - Oktober 2024). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420075_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3420075_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3420075_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam melakukan dakwah melalui tulisan, dibutuhkan komitmen yang lebih tinggi dari para dai atau pendakwah jika dibandingkan dengan dakwah lisan. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan masyarakat saat ini yang lebih memilih menggunakan media massa dan media sosial untuk mencari informasi yang mereka perlukan. Tulisan bisa bertahan dalam kurun waktu yang panjang sehingga dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Salah satu akun Instagram yang berdakwah adalah akun @cewehijrah. Akun tersebut berisikan pesan-pesan dakwah dengan metode tulisan atau bil qalam. Akun tersebut memiliki pengikut kurang lebih 2,2 juta dengan 300 postingan, berisikan unggahan dengan model postingan berupa gambar atau foto berlatar putih dan polesan tulisan singkat. Terdapat pesan-pesan dakwah secara singkat yang terkandung di unggahan akun tersebut serta terdapat komentar yang tidak sedikit. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana analisis isi konten dakwah bil qalam yang terdapat pada akun media sosial Instagram @cewehijrah, dan bagaimana respon pengikut @cewehijrah terhadap pesan dakwah bil qalam akun @cewehijrah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis isi konten dakwah bil qalam postingan akun @cewehijrah, dan untuk mengetahui respon pengikut pada postingan akun @cewehijrah selama bulan Oktober 2023 – Oktober 2024. Manfaat penelitian ini meliputi teoritis yang diharapkan menjadi referensi yang bermanfaat dan sumber ide bagi peneliti lain sebagai kontribusi ilmiah. Manfaat praktisnya diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam mengenai pesan-pesan dakwah dan diharapkan dapat menjadi acuan untuk para mahasiswa atau peneliti lainnya yang berkaitan dengan analisis konten dakwah dakwah bil qalam pada media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek yang akan diteliti yaitu postingan akun Instagram @cewehijrah dari bulan Oktober 2023 sampai Oktober 2024. data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Menggunakan observasi non-partisipan dan dokumentasi dilakukan pengambilan gambar melalui screenshot pada postingan akun @cewehijrah. Peneliti ini menggunakan model analisis isi dari Klaus Krippendorff yang terdiri dari enam tahapan, yaitu: unitizing, sampling, recording, reducing, inferring, dan narrating untuk menganalisis pesan dakwah, dan teori S-O-R untuk mengindentifikasi stimulus, organisme, dan respon audiens serta menganalisis komentar followers. Hasil dari penelitian ini terdapat tiga kategori pesan dakwah yang tertuang pada postingan akun @cewehijrah pada bulan Oktober 2023 sampai Oktober 2024. Yaitu pesan akidah, pesan syariah, dan pesan akhlak. Kemudian respon yang diberikan terdapat dua respon, yaitu respon positif dan respon negatif yang didalamnya terdapat masing-masing aspek yaitu kognitif, afektif, dan konatif. Respon positif berisikan komentar-komentar yang setuju dengan postingan yang terdapat pada akun tersebut. Sedangkan respon negatif berisikan komentar bahwa beberapa postingan sumbernya tidak jelas dan tidak disertakan dalil atau ayat yang berkaitan. Dapat disimpulkan bahwa tiga kategori pesan tersebut saling berkaitan, pesan akidah merupakan akar keimanan, syariah merupakan hukum yang mengatur akidah, dan akhlak merupakan penerapan yang dilakukan oleh manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBhakti, Wirayudha PramanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bil Qalam, Pesan Dakwah, Respon
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 24 Nov 2025 08:30
Last Modified: 24 Nov 2025 08:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15013

Actions (login required)

View Item View Item