Devinka, Mieke (2025) ANALISIS KESALAHAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL AS-SALAM KAJEN PEKALONGAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2221005_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
2221005_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2221005_LAMPIRAN.pdf Download (890kB) |
Abstract
Kemampuan membaca teks berbahasa Arab merupakan salah satu keterampilan dasar yang perlu dikuasai siswa pada tingkat madrasah tsanawiyah sebagai bagian dari pembelajaran bahasa Arab yang utuh. Pembelajaran maharah qira’ah pada siswa tidak hanya menekankan pemahaman makna, namun juga ketepatan pelafalan huruf, intonasi, dan struktur fonologi. Namun demikian, di MBS as-Salam Kajen masih ditemukan kesalahan membaca yang dilakukan oleh siswa, terutama dalam tataran fonologi. Permasalahan tersebut menimbulkan kesenjangan antara tujuan pembelajaran dengan capaian siswa secara faktual. Berdasarkan latar belakang tersebut, dirumuskan dua fokus utama dalam penelitian ini, yaitu bagaimana bentuk-bentuk kesalahan membaca teks bahasa Arab pada siswa kelas VIII di MBS As-Salam Kajen, dan bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesalahan membaca tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis kesalahan membaca siswa pada tataran fonologi, serta mengeksplorasi upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan tersebut dari segi pedekatan remedi bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis kesalahan berbahasa oleh Tarigan yang mengadaptasi metode Ellis dan Sridhar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MBS As-Salam Kajen yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas triangulasi sumber dan member check guna menjamin validitas hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga bentuk utama kesalahan membaca teks bahasa Arab yang dilakukan siswa kelas VIII, yaitu kesalahan pengucapan fonem, penghilangan fonem, dan penambahan fonem dengan pengucapan fonem menjadi kesalahan yang paling dominan yaitu sebanyak 139 kasus, diikuti oleh kesalahan penghilangan fonem sebanyak 50 kasus, dan yang paling sedikit adalah kesalahan penambahan fonem sebanyak 32 kasus. Untuk mengatasi kesalahan-kesalahan tersebut, guru bahasa Arab telah menerapkan remedi bahasa yang mencakup latihan fonetik, modeling atau pembacaan berulang, pendekatan bertahap, pemberian umpan balik, dan pemanfaatan media interaktif. Hal ini dapat membantu siswa dalam memperbaiki pelafalan pada saat membaca teks bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan, Kesalahan Membaca, Bahasa Arab | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.3 Islam dan Ilmu Sosial | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:16 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:16 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15015 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |