Alkarimah, Etika (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Vii Di Smp Al Manshuriyah Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2618067_COVER_BAB 1 DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2618067_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2618067_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
matematis, pembelajaran matematika, aljabar, eksperimen kuasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran model pembelajaran realistic mathematics education, mendeskripsikan gambaran kemampuan penalaran matematis siswa, dan menganalisis apakah terdapat pengaruh dari model pembelajaran realistic mathematics education terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi aljabar kelas VII di SMP Al Manshuriyah Kabupaten Pemalang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata ulangan harian yang belum mencapai KKM. Masih banyak siswa yang keliru dalam menganalisis soal yang berbentuk cerita. Salah satu sebabnya dikarenakan model pembelajaran di sekolah ini kurang bervariasi. Model pembelajaran RME perlu diterapkan ke dalam pembelajaran karena model ini dapat mengoptimalkan kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan adalah quasi experiment design dengan jenis nonequivalent control group. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data tes dan dokumentasi serta teknik analisis data uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Al Manshuriyah Pemalang dengan sampel yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran RME dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes uraian yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan (pretest dan posttest) dan dianalisis menggunakan uji independent simple t-test dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata posttest masing-masing sebesar 75,77 dan 66,92. Hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Hasil uji hipotesis uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,006 < 0,05, yang berarti diterima dan H0 ditolak, maka dapat dikatakan terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Maka berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, sebaiknya guru dapat memilih model pembelajaran yang sesuai, siswa hendaknya memperbanyak analisis soal cerita dan peneliti berikutnya yang masih relevan dengan penelitian ini disarankan untuk mengembangkan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Realistic Mathematics Education, penalaran | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:19 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:19 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15019 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |