Widiyawati, Widiyawati (2025) Penerapan Etika Komunikasi Islam Public Figure dalam Merespon Cyberbullying di Media Sosial (Studi Kasus Akun Instagram Kartika Putri). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid.
![]() |
Text
3420060_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3420060_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
3420060_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (815kB) |
Abstract
Etika komunikasi Islam merupakan panduan bagi umat Muslim dalam berkomunikasi langsung melalui media. Islam mengajarkan prinsip-prinsip berbicara seperti qaulan ma`rufan (perkataan yang baik), qaulan layyinan (perkataan yang lembut), qaulan sadidan (perkataan yang benar). Penerapan etika ini sangat sesuai daam konteks media sosial, di mana komunikasi sering kali berlangsung secara cepat, dan kurang terkendali. Pada Kartika Putri sering kali dijadikan sebagai teladan bagaimana seorang Muslimah dalam menghadapi tantangan komunikasi di ruang publik yang sangat terbuka. Responnya dalam menghadapi kritik dan serangan dari netizen menjadi menarik untuk dikaji dari presfektif etika komunikasi Islam. Sebagai seorang public figure yang dikenal banyak orang, cara Kartika Putri dalam merespon komentar negatif dapat memberikan pelajaran bagi masyarakat luas. Salah satu nya yaitu bagaimana Kartika Putri menerapkan nilai-nilai Islam dalam menghadapi kritik di media sosial miliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Etika Komunikasi Islam dalam Respon Kartika Putri Menghadapi Netizen di Media Sosial. Untuk mengetahui etika komuniaksi Islam yang digunakan oleh Kartika Putri dan bagaimana respon Kartika Putri terhadap netizen di media sosial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan ini digunakan untuk memahami dan menggambarkan fenomena secara mendalam berdasarkan data non-numerik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Observasi pengumpulan data ini adalah observasi saat penelitian dengan tujuan untuk mengamati secara langsung akun Instagram Katika Putri.. Teknik dokumentasi peneliti digunakan untuk mendapatkan informasi dari media sosial Instagram Kartika Putri komentar dan respon Kartika putri terhadap netizen di media sosial. Teknik analisis data menurut Milles dan Huberman, analisis data terdiri dari tiga komponen utama yaitu Pengurangan data merupakan langkah dalam proses analisis yang mencakup seleksi, penyederhanaan, pengabstrakan, dan modifikasi informasi awal yang diperoleh dari catatan observasi, Penyajian data merupakan langkah dalam mengatur informasi dengan cara yang sistematis, sehingga memudahkan dalam menarik kesimpulan dan membuat keputusan, Penarikan kesimpulan dapat dilakukan dan diperiksa selama proses penelitian Hasil penelitian sesuai dengan teori prinsip komunikasi dalam Islam yang dikemukakan oleh Jalaluddin Rahmat. Prinsip-prinsip tersebut meliputi Hasil observasi dan dokumentasi di lapangan, maka qaulan sadida yang dilakukan Kartika Putri meliputi, Memberikan jawaban yang tepat dan bijaksana (qaulan sadida), Hasil observasi dan dokumentasi di lapangan, maka qaulan baligha yang dilakukan Kartika Putri meliputi, tidak menjatuhkan nama baik orang lain (qaulan baligha), mengajak kepada kebaikan (qaulan karima), penggunaan Bahasa yang sopan dan santun (qaulan ma`rufa), menghindari perdebatan yang tidak perlu (qaulan layyina), menghargai perdebatan orang lain dan bersikap adil (qaulan maisura). hasil observasi dan dokumentasi reaksi netizen terhadap respon Kartika Putri dengan menggunakan Teori stimulus-respon Dengan Kemampuan komunikan inilah yang dapat melanjutkan proses berikutnya. Setelah komunikan dapat mengolah dan menerimanya, maka terjadilah kesediaan untuk mengubah sikap atau perilaku .
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Etika Komunikasi Islam, Instagram | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 09:15 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 09:15 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15069 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |