Efektivitas Akun @Halimahalaydrus Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah Di Instagram

Melinda, Rista (2025) Efektivitas Akun @Halimahalaydrus Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah Di Instagram. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3421075_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3421075_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
3421075_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rista, Melinda. 2025; EFEKTIVITAS AKUN @HALIMAHALAYDRUS DALAM MENYAMPAIKAN PESAN DAKWAH DI INSTAGRAM. Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dr. Muhandis Azzuhri, Lc., M.A. Kata Kunci: Efektivitas, Akun Instagram, Pesan Dakwah. Adanya teknologi yang semakin berkembang memudahkan penyampaian dakwah melalui media sosial, salah satunya dengan menggunakan media sosial Instagram. Melalui Instagram konten dakwah dapat dibuat dengan menarik dan kreatif. Salah satu dakwah yang disampaikan melalui Instagram ialah akun @halimahalaydrus dengan 2,8 juta pengikut, yang berhasil menyampaikan dakwahnya dengan efektif. Penelitian tentang efektivitas akun @halimahalaydrus dalam menyampaikan pesan dakwah menjadi fokus utama, dengan pendekatan kualitatif dan objek penelitian adalah pengikut dari akun tersebut. Dakwah tersebut dapat disampaikan dengan baik dan efektif. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah sebagai berikut : 1). Bagaimana efektivitas penyampaian pesan dakwah yang disampaikan pada akun Instagram @halimahalaydrus?, 2). Bagaimana isi pesan dakwah yang disampaikan dalam akun instagram @halimahalaydrus?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan media sosial Instagram @halimahalaydrus dalam penyampaian pesan dakwah dan untuk mengetahui isi pesan dakwah yang ada pada akun @halimahalaydrus. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma interpretatif, teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akun instagram @halimahalaydrus setelah dilakukan analisis oleh peneliti dengan menggunakan teori efektivitas komunikasi, ditemukan penyampaian pesan dakwah yang dilakukan oleh akun Instagram @halimahalaydrus efektif. Setiap konten yang diunggah relevan dengan kehidupan sehari-hari berkaitan dengan keagamaan yang dapat menarik perhatian, mendapatkan komentar dan respon yang positif dan diterima oleh pengikutnya di Instagram. Dengan konten tersebut mampu mendorong audiens untuk lebih memperkuat keimanan, memperluas pemikiran, menambah pengetahuan serta membuat audiens untuk selalu berbuat kebaikan. Dalam setiap postingannya selalu ada makna dari pesan yang disampaikan. Pesan-pesan dakwah yang disampaiakan oleh akun @halimahalaydrus mengandung beberapa pesan dakwah yang berupa pesan dakwah aqidah, pesan dakwah syariah dan pesan dakwah akhlak yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang berisi tentang keimanan, ibadah dan budi pekerti. Dalam pesan dakwah tersebut dapat diambil pelajaran dan hikmah yang terkandung didalam pesan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAzzuhri, MuhandisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Akun Instagram, Pesan Dakwah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:38
Last Modified: 21 Jul 2025 03:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15131

Actions (login required)

View Item View Item