Implementasi Ice Breaking Bisik Berantai Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Di Mts Hidayatul Athfal

Aqil, Mustofa (2025) Implementasi Ice Breaking Bisik Berantai Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Di Mts Hidayatul Athfal. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
2219093_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (903kB)
[img] Text
2219093_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2219093_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Mustofa Aqil 2025. Implementasi Ice Breaking Bisik Berantai dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs. Hidayatul Athfal Pekalongan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Bapak Akhmad Aufa Syukron, M.Pd. Kata kunci: Implementasi, Bisik Berantai, Pembelajaran Bahasa Arab, MTs. Hidayatul Athfal Pekalongan Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya problematika siswa MTs. Hidayatul Athfal Pekalongan dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Arab, pembelajaran Bahasa Arab di MTs. Hidayatul Athfal Pekalongan dirasa membosankan. Adanya ice breaking sebagai upaya untuk meningkatkan semangat siswa MTs. Hidayatul Athfal Pekalongan dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Arab dengan baik. Rumusan masalah: (1) Bagaimana Implementasi Ice Breaking Bisik Berantai dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di MTs. Hidayatul Athfal? (2) Bagaimana Kendala Implementasi Ice Breaking Bisik Berantai dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di MTs. Hidayatul Athfal? (3) Bagaimana Solusi dalam Mengatasi Kendala Implementasi Ice Breaking Bisik Berantai dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di MTs. Hidayatul Athfal?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer yaitu: guru pengampu mata pelajaran Bahasa Arab, dan siswa kelas VIII MTs. Hidayatul Athfal. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan teori analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penerapan Bisik Berantai pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs. Hidayatul Athfal yaitu guru menyiapkan materi, kalimat yang akan digunakan, dan menyiapkan alat seperti kertas, spidol, sedotan dan papan tulis. Adapun langkah pelaksanaannya diawali dengan guru memberikan lintingan kertas pada setiap kelompok, siswa berbaris sesuai kelompoknya, siswa yang berbaris di depan membaca kalimat yang ada di kertas, kemudian berbisik kepada temannya secara berantai, siswa yang paling ahir menuliskan kalimat bisik berantai di papan tulis. Dalam pelaksanaannya terdapat kendala berupa kurangnya daya tangkap siswa dalam membaca atau mendebar, dan siswa yang mengganggu konsentrasi yang lain. Solusinya yaitu guru menjelaskan aturan bermain dan evaluasi kepada siswa serta memberi hadiah untuk kelompok yang mendapatkan nilai paling tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyukron, Akhmad AufaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Bisik Berantai, Pembelajaran Bahasa Arab, MTs.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:12
Last Modified: 21 Jul 2025 08:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15133

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item