Janah, Risalatul (2025) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Physical Evidence Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Wedding Organizer SAM Event Planner. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4118055_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
4118055_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text
4118055_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya persaingan di industri jasa wedding organizer yang menuntut perusahaan untuk memberikan pelayanan maksimal demi mempertahankan kepuasan pelanggan. SAM Event Planner sebagai salah satu penyedia jasa WO perlu memastikan bahwa kualitas pelayanan, penetapan harga, dan aspek bukti fisik mampu memenuhi ekspektasi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan physical evidence terhadap kepuasan pelanggan, baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh populasi pelanggan SAM Event Planner selama periode Juli hingga Desember 2024, berjumlah 103 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Pengolahan data dilakukan menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, serta analisis regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS 29.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, harga, dan physical evidence berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan. Ketiga variabel tersebut terbukti menjadi faktor penting dalam menciptakan kepuasan konsumen pada layanan wedding organizer. Implikasi dari penelitian ini menyarankan agar SAM Event Planner terus meningkatkan kualitas layanan, menawarkan harga yang kompetitif, serta memperhatikan aspek fisik pelayanan sebagai nilai tambah yang memperkuat loyalitas pelanggan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Harga, Physical Evidence, Kepuasan Pelanggan, Wedding Organizer | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:06 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:06 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15181 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |