Ramadhan, Dayung (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB AKHLAQUL BANIN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SANTRI DI PONPES AL-QUTUB WONOPRINGGO PEKALONGAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121250_BAB I dan BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121250_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2121250_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Keberadaan Pesantren memiliki peran penting dalam menanamkan pendidikan akhlak pada santri melalui pendekatan yang holistik dan berbasis pada ajaran Islam, sudah semestinya dikembalikan citra baiknya dalam pendidikan akhlak (Anwari, 2020). Salah satu strategi positif yang diterapkan adalah dengan mengajarkan kitab-kitab klasik yang berisi tuntunan moral dan etika, salah satunya adalah Kitab Akhlaqul Banin. Kitab ini mengajarkan berbagai aspek akhlak, seperti adab terhadap Allah, Rasul, orang tua, dan sesama, serta cara berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari (Setiawan,2022). Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti akan memamaparkan beberapa masalah yaitu : Bagaimana proses implementasi pembelajaran kitab Akhlaqul Banin dalam Pembentukan Akhlak Santri di Ponpes Al Qutub Wonopringgo Pekalongan? dan Bagaimana Hasil Implementasi Pembelajaran Kitab Akhlaqul Banin dalam Pembentukan Akhlak Santri di Ponpes Al Qutub Wonopringgo Pekalongan? hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil implementasi pembelajaran kitab Akhlaqul Banin di Ponpes Al Qutub Wonopringgo Pekalongan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. sumber data yang digunakan penelitian ini data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penyimpulan data. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran Kitab Akhlaqul Banin di Pondok Pesantren Al-Qutub Wonopringgo Pekalongan dilakukan secara terstruktur dan efektif dengan pendekatan metodologis khas pesantren, seperti bandongan, ceramah, dan tanya jawab. Kitab ini dipilih karena isinya yang komprehensif dan mudah dipahami oleh santri pemula, dengan penekanan pada adab kepada Allah, orang tua, guru, serta sesama. Adapun faktor pendukungya yaitu kolaborasi erat antara pesantren dan lingkungan eksternal, terutama peran aktif orang tua yang terus memotivasi santri untuk berakhlak baik. Selain itu, lingkungan pesantren yang kondusif, pengasuh dan pengajar yang berakhlak teladan, serta adanya fasilitas pembelajaran seperti perpustakaan kitab kuning juga memperkuat internalisasi nilai-nilai akhlak. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor penghambat muncul dari keterbatasan daya serap sebagian santri yang belum terbiasa dengan bahasa kitab, kurangnya kedisiplinan awal, serta keterbatasan waktu belajar yang kadang bersinggungan dengan kegiatan pondok lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pembelajaran, Pembentukan Akhlak, Kitab Akhlaqul Banin. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.3 Islam dan Ilmu Sosial 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.9 Islam dan Bidang Lainnya |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 01:55 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 01:55 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15186 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |