Halida, Hiza Faizatussilmi (2025) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs YMI Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2118254_COVER_BAB 1 DAN BAB V.pdf Download (990kB) |
![]() |
Text
2118254_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini terkait pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Kedisiplinan belajar sebagai variabel X terhadap hasil belajar sebagai variabel Y. Fenomena dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi bahwa kedisiplinan di sekolah sangat baik. Peneliti mewawancarai tiga siswa secara acak sebagai langkah awal observasi untuk menentukan tingkat kedisiplinan para siswa di sekolah MTs YMI Wonopringgo. Hasil observasi wawancara awal menunjukkan bahwa ketertiban berpakaian siswa sudah ditaati dan keterlambatan siswa sudah minim bahkan tidak terjadi. Dalam hal ini peneliti ingin mengkaji mengenai tingkat kedisiplinan tersebut secara kuantitatif, agar peneliti dapat mengetahui indikator kedisiplinan siswa secara nyata antara lain: nilai ketepatan waktu dalam mengerjakan tugas, kehadiran di kelas, partisipasi aktif dalam proses pembelajaran, dan kepatuhan terhadap tata tertib madrasah. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif, agar mengukur tingkat kedisiplinan siswa secara numerik agar terlihat signifikasi hasil dari beberapa indikator yang peneliti pilih. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menggunakan metode korelasional. Hasil dari penelitian tersebut kedisiplinan belajar memiliki kontribusi yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, meskipun dalam kategori yang lemah. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar siswa, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,206. Hasil uji T dan uji F menunjukkan bahwa pengaruh tersebut signifikan secara statistik (p < 0,05), baik secara parsial maupun simultan. Namun demikian, besarnya pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar hanya sebesar 4,2% (R² = 0,042), yang berarti bahwa 95,8% variabilitas hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain di luar kedisiplinan belajar, seperti motivasi, lingkungan belajar, metode pengajaran, dan kondisi psikologis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar, Akidah Akhlak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:35 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:35 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15191 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |